Peran SDM dalam Memfasilitasi dan Mengembangkan Tim Berkinerja Tinggi

Departemen Sumber Daya Manusia di organisasi mana pun memainkan peran kunci dalam mendorong fungsi yang berpusat pada karyawan dan memotivasi tim. Tim SDM berperan aktif dalam pengambilan keputusan strategis, perencanaan bisnis, dan merampingkan sumber daya tim untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

Peran kunci SDM dalam organisasi untuk Memotivasi dan Memfasilitasi Tim Berkinerja Tinggi antara lain: 

  1. Memilih Bakat yang Tepat dan mendorong Kekompakan Tim: 

Organisasi akan tumbuh pesat bila dapat mengoptimalkan manfaat keragaman karyawan, yang dimaksud di sini adalah keragaman skill, gender, etnis, nilai pribadi dan sebagainya. Tim SDM memastikan bahwa karyawan yang beragam tersebut bekerja secara kolaboratif. Tim SDM mendorong peningkatan kesempatan bagi karyawan untuk berkontribusi secara inovatif dan membuat mereka merasa dihargai dalam organisasi.

Dengan merekrut komposisi anggota tim yang tepat untuk berbagai tanggung jawab, tim SDM berkontribusi untuk membentuk tim dengan keterampilan, pengetahuan, dan keahlian yang optimal.

  1. Melakukan resolusi Konflik: 

Tim berkinerja tinggi memiliki sistem resolusi konflik dan dapat menyelesaikan konflik secara konstruktif. Konflik dapat mendatangkan beberapa peluang dengan menghadirkan tantangan, memperkuat mekanisme kolaboratif untuk pemecahan masalah, dan memotivasi anggota tim untuk menunjukkan kemampuan mereka. 

Untuk menyelesaikan konflik secara efektif, suatu masalah harus ditangani pada tahap awal dan jangan dijadikan urusan pribadi. Konflik meningkatkan perspektif anggota tim ketika mereka terlibat dalam pengambilan keputusan penyelesaian konflik dengan cara bertukar pikiran.

Tim SDM dapat membantu penyelesaian konflik dengan menerapkan kebijakan dan menegakkan mekanisme disiplin. 

  1. Membina Kolaborasi: 

Fungsi SDM dapat memfasilitasi dan mendorong kolaborasi di antara anggota tim untuk bekerja secara kolektif menuju tujuan bersama. Tim SDM memiliki pemahaman terhadap perbedaan gaya kerja masing-masing anggota dalam kelompok. Dengan memahami perbedaan dan kesesuaian individu, anggota tim akan belajar untuk bekerja sama dan bekerja secara harmonis.

  1. Memfasilitasi Komunikasi: 

Komunikasi yang efektif dan pertukaran ide yang mengalir bebas adalah ciri khas tim Berkinerja Tinggi. Tim SDM dapat berperan sebagai fasilitator, mentor, dan membimbing anggota tim dalam proses penyelesaian konflik serta dalam implementasi keputusan kritis secara konstruktif dengan memperkuat sistem komunikasi. Anggota tim mendapatkan pelatihan dan dukungan agar bisa berkomunikasi secara efektif dan bekerja secara kolaboratif.

  1. Menyelenggarakan pelatihan Tim: 

Departemen SDM bertugas meningkatkan keterampilan, penguatan kompetensi anggota tim baik secara pribadi maupun teknis untuk meningkatkan peluang pertumbuhan karier mereka dan mengembangkan organisasi. Tim dapat dilatih tentang dinamika tim, praktik komunikasi & resolusi konflik yang efektif, keterampilan kepemimpinan dan negosiasi, serta teknik pemecahan masalah. 

Merupakan tugas tim SDM untuk melatih rekrutan baru tentang sistem, proses, dinamika tim, dan fungsi organisasi. Mereka dikenalkan dengan ekspektasi dan norma kelompok, budaya dan praktik organisasi. 

  1. Membangun sistem kompensasi: 

Tim SDM merencanakan dan menerapkan strategi penghargaan / pengakuan yang sesuai untuk memotivasi individu dan tim yang berkinerja tinggi.

  1. mengembangkan Sistem Pengukuran Kinerja: 

Peran tim SDM berikutnya adalah mengukur hasil dari berbagai inisiatif kinerja dengan menyusun variabel evaluasi dan sistem pengukuran kinerja. 

Definisi variabel atau sistem pengukuran kinerja membantu dalam menetapkan prioritas tim, menetapkan arah atau rencana tindakan untuk peningkatan di masa depan dan memungkinkan anggota tim memahami bidang yang harus ditingkatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.