Fish Fun Philosophy, diilhami oleh perilaku penjual ikan di Pike Places, pasar ikan di Seattle, dimana suasana kerja yang terbentuk sangat menyenangkan sehingga pekerjaan tidak menjadi beban tetapi menjadi kegiatan yang sangat excited.

Fish Fun adalah teknik untuk membuat karyawan happy, siaga, dan aktif di tempat kerja. Metode ini ditemukan oleh John Christensen pada tahun 1998 dalam rangka meningkatkan budaya organisasi.

4 Konsep Dasar dalam Penerapan Fish Fun

1. Choosing One’s Attitude
Sikap apa yang dipilih oleh karyawan akan menentukan apa yang akan dirasakan pada saat bekerja. Apabila kita banyak mengeluhkan pekerjaan, gaji yang tidak naik-naik, atasan yang tidak support, atau rekan kerja yang tidak menyenangkan, maka kita sudah terjebak dalam mindset negatif. Sebaliknya, apabila kita memilih untuk fokus pada hal-hal positif, teman kerja dan atasan yang menyenangkan, penghasilan yang cukup, maka kita telah memilihh situasi yang positif di tempat kerja.
2. Playing at Work
Situasi menyenangkan di tempat kerja adalah dambaan setiap karyawan. Hal yang menyenangkan ditemui dan dirasakan pada saat bermain. Fish Fun philosophy men-challenge bagaimana agar situasi kerja di-create menjadi situasi seperti dalam suatu permainan, fun and happy.
3. Making Someones Day
Pentingnya memulai hari dengan rasa syukur yang luar biasa atas limpahan kasih sayang dan hal-hal positif yang kita rasakan menjadi hal yang penting. Lebih dari itu, bagaimana rasa syukur tersebut dapat dirasakan oleh lingkungan sekitar, dengan sekedar memberikan pujian kecil atau ucapan terima kasih pada orang-orang di sekitar kita. Dengan membantu dan memberikan kebahagiaan bagi orang lain, kebahagiaan yang kita rasakan juga akan meningkat.
4. Being Present
Fokuslah pada apa yang sedang dikerjakan saat ini. Jangan biarkan pikiran dan perasaan kita melayang-layang, dipenuhi dengan ingatan masa lalu yang tidak menyenangkan serta kekhawatiran terhadap masa depan. Be There.

Pikirkan, rasakan, dan lakukan apa yang dikerjakan saat ini.
Penerapan Fish Fun Philosophy dapat menciptakan situasi kerja yang menyenangkan. Situasi kerja yang fun akan berdampak pada meningkatnya produktifitas karyawan dan kepuasan bekerja di suatu perusahaan. Let’s get fun @ work places.