Tips  Mengingat Nama

Entah itu menangani even kecil, proyek besar, atau sebuah organisasi, mengingat nama orang yang baru kita kenal merupakan  etiket bisnis yang baik; bisa nama anggota tim, rekan kerja, pelanggan, atau pemasok. 

Perkenalan merupakan kesempatan awal untuk menciptakan kesan pertama yang positif, dan melupakan nama seseorang sesaat setelah berkenalan tidak mendukung penciptaan kesan tersebut.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengingat nama orang yang baru dikenal.

1: Buat Peta

Cara ini sangat sesuai bagi Anda yang baru saja diperkenalkan dengan lingkungan baru di sebuah organisasi. Hari pertama diperkenalkan dengan rekan kerja lain yang berbagi satu ruangan, sempatkanlah untuk membuat sketsa sederhana mengenai posisi meja kerja rekan Anda. Tuliskan nama-nama mereka sesuai posisi mejanya. Bila perlu tulis pula tambahan informasi yang sekiranya Anda perlukan.

2. Sampaikan komentar tentang namanya

Nama seseorang bisa saja nama pasaran atau nama unik. Bila pasaran mungkin Anda bisa mempertautkan dengan nama orang lain yang Anda kenal. Jika nama yang unik, sampaikan apa yang ada di benak Anda tentang nama itu.

“Akari, seperti nama sepupu saya.”

3: Pusatkan perhatian dan sebut namanya

Anda harus lebih berkonsentrasi saat berkenalan. Berhentilah memikirkan diri sendiri sejenak dan berkonsentrasilah pada orang itu. Saat mereka menyebut namanya, usahakan untuk tersenyum dan melakukan kontak mata. Ulangi kembali nama mereka sesegera mungkin, dan ucapkan sesering mungkin saat Anda berbicara dengannya.

“Ibu Amelia,di sini Anda sebagai penanggung jawab data, ya. Sepertinya saya akan sering berkoordinasi dengan ibu Amelia, nih.”

4. Mintalah ia mengeja namanya

Ketika berkenalan mungkin sekali dua belah pihak tidak dengan jelas menyebut nama masing-masing, terkesan cuma basa-basi. Akan lebih baik jika kita mengetahui dengan pasti nama orang terdsebut. Siapa tahu di masa mendatang kita memerlukan dia, walau saat ini sepertinya belum ada kepentingan mendesak. Untuk itu Anda bisa memulainya dengan berkata:

“Permisi, nama Anda Elly dengan dua huruf L dan akhiran Y, atau bagaimana tepatnya cara mengejanya?”

5: Ajukan Pertanyaan tentang namanya

Anda mungkin menemukan nama yang belum pernah Anda dengar. Ini wajar karena ada beragam suku-etnis di negeri kita. Ada juga nama yang diambil dari peristiwa atau tokoh  tertentu. Apapun yang terlintas di benak Anda tentang suatu nama, cobalah bunakan itu untuk membuka pembicaraan. 

“Wow, nama kamu Miyuki, jangan-jangan kamu ditransfer dari negeri Jepang?”

6. Mintalah kartu nama

Cara ini selain bisa membantu mengingat nama seseorang, bisa juga untuk pengumpulan dokumentasi daftar nama-nama yang pernah terlibat dengan Anda. Tapi jangan lupa untuk memberikan kartu nama Anda.

7. Katakan sesuatu yang pernah Anda ketahui

Ini bisa dilakukan bila bertemu orang baru yang sebelumnya pernah kita ketahui dari orang lain. Ungkapkan basa-basi entang pengetahuan itu sebagai pembuka perkenalan. Misalnya:

“Ini ternyata yang namanya Vidi, yang kapan hari pernah satu tim dengan bapak Ilham? Bener ya?”

8. Sebut namanya saat akan berpisah

Ucapkan selamat perpisahan yang pendek dengan menyebut namanya. Mempertanyakan nama lengkapnya juga bisa. Ini akan memperkuat ingatan kita terhadapnya. 

“Sampai jumpa esok di kantor cabang, Ross. Oh iya nama lengkap kamu Rossa Panjaitan ya, biar nggak salah orang besok.” 

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.