Memahami Teori Peran Belbin (3)

Masih melanjutkan pembahasan teori pembagian peran dalam tim oleh Belbin, pada bagian sebelumnya kita telah membahas peran yang berorientasi sebagai pemikir dan sebagian peran yang berorientasi pada tindakan. Berikut adalah kelanjutannya.

2. Peran yang Berorientasi pada Tindakan

Pelaksana

Pelaksana adalah orang-orang yang berorientasi pada tindakan yang menyelesaikan sesuatu ketika ide-idenya tersedia. Mereka mengubah ide menjadi rencana dan tindakan. Mereka adalah orang-orang yang bekerja secara sistematis dan terorganisir dengan baik.

Orang-orang ini senang menyelesaikan pekerjaan. Bagi mereka penting untuk membuat tonggak-tonggak kemajuan dan memenuhi tenggat waktu.

Kelemahan: Pelaksana memiliki kecenderungan untuk menjadi agak tidak fleksibel dan dapat menolak perubahan.

Penyempurna/Penyelesai

Penyelesai adalah orang-orang yang berorientasi pada tindakan yang memastikan bahwa proyek diselesaikan secara menyeluruh. Orang dengan peran ini secara naluriah khawatir bahwa semua detail kecil di akhir proyek tidak terselesaikan dengan baik.

Mereka terkadang dapat dianggap sebagai perfeksionis yang terobsesi dengan tenggat waktu, dan mereka akan mendorong tim untuk memastikan bahwa semuanya selesai tepat waktu.

Kelemahan: Terlalu mendorong untuk menyelesaikan semuanya tepat waktu. Mereka cenderung lebih suka melakukan sesuatu sendiri daripada mendelegasikan.

3. Peran yang Berorientasi pada Individu

Peran ini diisi oleh orang-orang yang senang bekerja dengan individu lain, baik di dalam maupun di luar tim. Mereka biasanya komunikator yang sangat baik.

Koordinator

Koordinator adalah orang yang memiliki peran berorientasi pada individu yang secara naluriah mengambil peran sebagai pemimpin tim, merupakan satu-satunya orang di tim yang dihormati semua orang dan senang diajak bicara ketika masalah muncul. Mereka biasanya pendengar yang sangat baik, dan mampu mengenali nilai unik yang disumbangkan setiap anggota kepada tim.

Koordinator adalah orang yang paling mungkin untuk masuk dan mengoordinasikan dan mendelegasikan kegiatan tim sehari-hari, bahkan ketika tim secara teknis dikendalikan oleh manajer yang lebih senior.

Kelemahan: Kadang-kadang dapat memiliki kecenderungan untuk melepaskan bagian pekerjaan mereka sendiri.

Pekerja Tim

Pekerja Tim adalah orang-orang yang memiliki peran berorientasi pada individu yang memastikan bahwa tim bekerja sama dengan baik, dan akan sering mengorbankan pencapaian dan penghargaan pribadi untuk kebaikan tim secara keseluruhan.

Pekerja Tim adalah pendengar yang baik yang sanggup meredakan gesekan dan menjaga roda penggerak tim tetap berputar.

Kelemahan: Mereka memiliki kecenderungan terlalu banyak berdiplomasi, mempertahankan posisi tanpa komitmen selama mungkin dan cenderung ragu-ragu. Terlalu banyak Pekerja Tim dalam sebuah tim dapat menyebabkan tidak ada yang selesai.

Penjelajah Sumber Daya

Peran yang berorientasi pada individu ini diisi oleh anggota tim yang antusias dan suka berpikir out of the boxx. Mereka cenderung ekstrovert dan senang bekerja dengan pemangku kepentingan eksternal untuk membantu tim mencapai tujuannya.

Kelemahan: Mereka memiliki kecenderungan untuk terlalu optimis, tetapi juga memiliki kecenderungan untuk kehilangan minat dengan cepat setelah antusiasme awal berlalu.

~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.