Perencanaan SDMPerencanaan SDM disinyalir merupakan aktifitas yang sangat penting dilakukan oleh perusahaan. Mengapa? Beberapa alasan pentingnya perencanaan SDM sebagai berikut:

  1. Faktor Utama dalam Fungsi-Fungsi Manajerial. Keempat fungsi manajerial, yaitu, merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), mengarahkan (directing) dan mengendalikan (controlling) menyasar pada manajemen sumber daya manusia sebagai penggerak utama organisasi sebagai eksekutor dalam pelaksanaan semua kegiatan perusahaan. Oleh karena itu, perencanaan SDM menjadi kunci untuk semua fungsi manajerial.
  2. Manajemen yang Efisien. Efisiensi personel menjadi fungsi penting dalam industri saat ini. Perusahaan skala besar memerlukan pengelolaan tenaga kerja yang terencana. Hal ini dapat efektif dilakukan melalui fungsi staffing.
  3. Motivasi Karyawan. Perencanaan SDM tidak hanya mencakup penempatan orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat, tetapi juga menata motivasi karyawan, misalnya aturan terkait insentif untuk karyawan yang lebih produktif dengan harapan mampu meningkatkan semangat untuk berkontribusi lebih banyak untuk perusahaan. Oleh karena itu, semua jenis insentif menjadi bagian integral dari fungsi perencanaan SDM.
  4. Hubungan antar Karyawan yang lebih baik. Situasi kerja akan lebih baik apabila terdapat kepastian jalur karir, komunikasi yang jelas, pengawasan dan kepemimpinan yang efektif.
  5. Meningkatkan Produktifitas. Produktivitas akan meningkat ketika sumber daya digunakan dengan cara yang terbaik. Produktivitas yang lebih tinggi diperoleh dari minimnya pemborosan waktu, biaya, usaha dan energi. Hal ini dimungkinkan melalui perencanaan SDM yag baik yang diikuti dengan kegiatan yang terkait (performance appraisal, pelatihan dan pengembangan, remunerasi).

Kebutuhan untuk Melakukan Perencanaan SDM

Perencanaan SDM adalah proses dua tahap karena perencanaan SDM tidak hanya menganalisis kondisi SDM saat ini tetapi juga membuat perkiraan/peramalan kebutuhan SDM di masa yang akan datang yang membawa konsekuensi pembuatan program-progam SDM yang sesuai. Perencanaan tenaga kerja memberi nilai positif bagi perusahaan dengan cara berikut:

  1. Kekurangan dan kelebihan tenaga kerja dapat diidentifikasi sehingga tindakan cepat dapat segera diambil.
  2. Semua program rekrutmen dan seleksi didasarkan pada perencanaan tenaga kerja.
  3. Membantu untuk mengurangi biaya tenaga kerja karena kelebihan staf dapat diidentifikasi dan dengan demikian kelebihan staf dapat dihindari.
  4. Membantu untuk mengidentifikasi bakat karyawan dan menyiapkan program pelatihan yang sesuai untuk mengembangkan bakat karyawan.
  5. Membantu dalam pertumbuhan dan diversifikasi usaha. Melalui perencanaan tenaga kerja, sumber daya manusia tersedia dan mereka dapat dimanfaatkan dengan efektif dan terefisien.
  6. Membantu organisasi untuk menyadari pentingnya manajemen tenaga kerja yang pada akhirnya menjadi faktor penting dalam stabilitas bisnis perusahaan.

Pentingnya perencanaan SDM membawa dampak positif dalam berjalannya perusahaan secara efektif dan efisien.