Cara untuk Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Riset yang pernah dilakukan dan statistik menunjukkan bahwa kepuasan karyawan sangat penting untuk meningkatkan tingkat keterlibatan, produktivitas, dan kesediaan mereka secara keseluruhan untuk tetap bersama organisasi dalam jangka panjang. Hal ini membuat faktor kepuasan karyawan sangat penting untuk kesuksesan dan profitabilitas organisasi secara keseluruhan.

Berikut adalah cara yang bisa ditempuh untuk dapat meningkatkan kepuasan karyawan agar bisa meningkatkan kesuksesan dan profitabilitas organisasi.

  1. Libatkan Karyawan dalam Keputusan Penting

Menurut penelitian, karyawan yang merasa aspirasinya didengar lebih merasa diberdayakan dan membuat mereka mengerahkan yang terbaik pada pekerjaan mereka. Dan karyawan cenderung melakukan pekerjaan dengan lebih baik jika ada komunikasi terbuka dan mereka merasa pekerjaan mereka memiliki tujuan dan makna. Jadi, tingkatkan kepuasan karyawan dengan meminta masukan dari mereka dan menyertakan mereka dalam keputusan penting.

  1. Tunjukkan Apresiasi dari Organisasi Terhadap Karyawan

Karyawan lebih ingin dihargai daripada hanya mendapatkan promosi dan kenaikan gaji, jadi jika ingin meningkatkan kepuasan mereka saat berada di organisasi, maka tunjukkan secara sengaja kepada karyawan bahwa organisasi menghargai ide, pekerjaan, waktu, dan kemampuan mereka.

  1. Beri Karyawan Pekerjaan yang Menantang

Karyawan sering kali merasakan kurangnya keterikatan dan kurang produktif di tempat kerja karena mereka merasa bosan. Jika organisasi ingin meningkatkan kepuasan dan produktivitas mereka, beri mereka pekerjaan yang menantang tetapi masih mungkin untuk mereka selesaikan.

  1. Mengembangkan Peta Karir dan Jalur Profesi Jangka Panjang

Karyawan yang melihat masa depan profesional yang cerah dengan suatu organisasi lebih cenderung memiliki kepuasan yang lebih tinggi dan lebih cenderung ingin tetap bertahan dalam organisasi tersebut. Jadi, kembangkan jalur karier jangka panjang dan peta karier bagi karyawan untuk meningkatkan kepuasan mereka.

  1. Berikan Fasilitas yang Bermanfaat bagi Mereka

Daripada memberikan fasilitas ruang istirahat dengan meja bilyar dan karaoke set, berikan fasilitas yang lebih bermanfaat kepada karyawan yang membuat mereka lebih terjauhkan dari rasa khawatir dan tetap produktif saat bekerja. Memberikan kemungkinan dan jadwal kerja yang fleksibel, penitipan anak, tunjangan pendidikan bagi anak, sesi konsultasi psikologi gratis, program pelatihan pengelolaan keuangan, dan lain sebagainya.

  1. Menerapkan Metode Permainan pada pekerjaan dan Modul Pelatihan yang Dipersonalisasi

Menurut penelitian, karyawan lebih produktif ketika penilaian kinerja dilakukan dengan metode gamifikasi; karyawan merasa bahwa metode penilaian gamififikasi juga semakin menginspirasi mereka untuk bekerja lebih keras, dan mereka juga menyatakan bahwa mereka lebih menikmati penilaian kinerja dengan metode gamifikasi. Dan penelitian lain menunjukkan bahwa pembelajaran dan pelatihan yang dipersonalisasi sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan karyawan dan kepuasan mereka.

  1. Latih Jajaran Pemimpin yang Baik

Penelitian banyak mengungkapkan bahwa atasan menjadi penyebab utama dari rasa stress yang dialami karyawan dan ketika karyawan mengundurkan diri dari suatu perusahaan, sebenarnya karena mereka menjauhi atasan mereka bukannya meninggalkan organisasi. Jadi, jika ingin karyawan memiliki kepuasan yang lebih baik di organisasi, maka berinvestasilah untuk mengembangkan metode pelatihan membentuk pemimpin yang lebih baik.

Jika Anda ingin meningkatkan kepuasan karyawan di organisasi, pastikan untuk melakukan satu atau beberapa hal yang telah disebutkan di atas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.