Alternatif cara Memperlihatkan Budaya Perusahaan kepada Pelanggan

Budaya perusahaan memengaruhi segalanya mulai dari keterlibatan karyawan hingga pertumbuhan dan persepsi merek. Sekilas, budaya perusahaan adalah sesuatu yang hanya diperuntukkan bagi karyawan dan pemimpin perusahaan. Lagi pula, pelanggan hanya melihat apa yang ada di situs web, bukan? 

Tidak juga.

Bisnis online juga harus mempertimbangkan bagaimana budaya perusahaan terkait dengan strategi branding mereka secara keseluruhan. Budaya perusahaan yang positif, produktif, dan menarik dapat meningkatkan reputasi dan penjualan. 

Setelah bisnis Anda menemukan budaya perusahaan tersebut, perusahaan harus menunjukkannya kepada pelanggan. Bagaimana? Pertimbangkan cara-cara berikut.

Kepribadian Merek

Hal ini berkenaan dengan penyampaian secara lahiriah kepada pelanggan tentang apa makna dan nilai produk, layanan atau toko online Anda. Jika budaya perusahaan dan branding produk memiliki kesamaan nilai dan tujuan lalu keduanya digabungkan menjadi satu kekuatan penuntun bagi perusahaan, bisnis itu akan memenangkan persaingan mendapatkan pelanggan dan karyawan terbaik. Peleburan antara nilai dan tujuan perusahaan dan produknya bisa melahirkan organisasi yang bekerja dengan integritas tinggi dan orisinalitas.

Contohnya, sebuah bisnis yang menjual berbagai produk elektronik, maka tentu saja perusahaan ingin mengembangkan merek dan budaya perusahaan inovatif serta memahami perkembangan teknologi. Jika sebuah bisnis bergerak dalam penjualan kosmetik ramah lingkungan, pastinya ia ingin memasukkan unsur kebaikan dan kesadaran mengenai lingkungan ke dalam identitas perusahaan dan produknya. Mewujudkan prinsip dasar secara internal melalui budaya perusahaan dan secara eksternal melalui branding akan memberikan kesesuaian.

Elemen Visual di Situs Web

Saat pelanggan mengklik link situs perusahaan atau toko online Anda, apakah tampilan situs itu mencerminkan nilai perusahaan dan kesan produk bisnis Anda? Setiap pilihan visual adalah peluang untuk memperkuat identitas perusahaan. Pilihan warna, font dan foto yang ditampilkan bisa membantu memperkuat kesan kultur dan nilai perusahaan.

Menambahkan halaman “Tentang Kami” di situs web akan lebih menjelaskan budaya perusahaan sambil memberikan informasi di balik layar. Foto kantor atau staf perusahaan yang sedang beraksi dapat membuat situs perusahaan lebih hidup.

Menghadirkan Media Sosial

Media sosial menjadi saluran wajib untuk menunjukkan budaya perusahaan dan kepribadian merek kepada dunia. Perusahaan atau toko online dengan pengelolaan media sosial yang buruk — termasuk kurangnya posting atau mekanisme layanan pelanggan yang ketinggalan jaman — terkesan seperti organisasi tanpa budaya perusahaan yang berpikiran maju. Ini dapat menurunkan kunjungan ke situs dan reputasi bisnis dalam jangka panjang.

Blog yang Diupdate Secara Teratur

Blog adalah outlet yang sempurna untuk terus memberi tahu pelanggan Anda tentang kabar terbaru yang menarik. Selain itu secara berkala terus menggaungkan budaya perusahaan kepada pelanggan dan pihak selainnya.Blog yang rutin diupdate juga memperkuat peringkat SEO. Pelanggan cenderung tetap setia kepada perusahaan yang mereka kenal dan percayai, jadi menjaga transparansi adalah salah satu prinsip penting dalam menjalankan blog yang efektif.

Budaya perusahaan, seperti branding, pada akhirnya bersifat internal dan eksternal. Tunjukkan yang terbaik dengan memperlihatkan kepada pelanggan tentang gambaran ideal bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.