Model Pengambilan Keputusan RAPID (1)

Membuat keputusan berkualitas tinggi sangat penting untuk keberhasilan organisasi. Dan model Pengambilan Keputusan RAPID adalah kerangka kerja yang dapat membantu organisasi membuat keputusan yang berkualitas tinggi tersebut.

Setiap keberhasilan yang dicapai organisasi. Setiap kegagalan. Setiap kesempatan yang terlewatkan, itu semua dapat ditelusuri kembali ke keputusan atau serangkaian keputusan yang dibuat oleh organisasi.

Ketika organisasi memiliki proses pengambilan keputusan yang buruk atau sering mengalami kebuntuan, hal itu dapat menyebabkan waktu terbuang, kebingungan, dan frustrasi. Berikut kami sajikan dua contoh proses pengambilan keputusan yang buruk:

Dua organisasi telah dikontrak untuk menyelesaikan sebuah proyek untuk organisasi lain. Sayangnya semua organisasi yang terlibat itu tidak sepenuhnya memahami dengan tepat di mana tanggung jawab mereka dimulai atau berakhir. Hal ini menyebabkan kebingungan dan ketidaksepakatan. Juga tidak sepenuhnya jelas siapa yang memutuskan jalan ke depan ketika perselisihan muncul.

Seorang manajer senior di organisasi Anda berjanji untuk menyelesaikan proyek pada tanggal tertentu. Keputusan dibuat tanpa melibatkan salah satu tim yang akan melaksanakan proyek. Hal ini menyebabkan stres dan frustrasi dalam tim proyek. Mereka harus mencoba dan mencari cara untuk memenuhi janji yang dibuat.

Bagaimana kita bisa menghindari masalah seperti ini terjadi? Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan proses pengambilan keputusan yang formal.

Model Pengambilan Keputusan RAPID adalah salah satu jenis proses tersebut. Model Pengambilan Keputusan RAPID bekerja dengan memperjelas siapa yang harus melakukan apa pada setiap keputusan kompleks yang perlu dibuat. Model ini dikembangkan oleh Bain & Company.

Kapan Model Ini Dipergunakan

Tidak semua keputusan perlu menggunakan cara yang formal. Keputusan sederhana dengan konsekuensi yang terbatas lebih baik bila dibuat tanpa overhead proses seperti model RAPID.

Model Pengambilan Keputusan RAPID akan sangat bermanfaat ketika banyak orang terlibat dalam melaksanakan hasil keputusan. Model ini bekerja sangat baik ketika:

  • Terdapat dua atau lebih unit atau tim fungsional yang terlibat.
  • Terdapat tim global maupun tim lokal yang terlibat.
  • Satu atau lebih pemasok yang terlibat.

Kerangka Pengambilan Keputusan RAPID muncul dengan sendirinya saat keputusan besar perlu dibuat.

Penjelasan Model Pengambilan Keputusan RAPID

Model Pengambilan Keputusan RAPID memberikan cara yang lebih jelas kepada organisasi untuk membuat keputusan. Huruf-huruf dalam RAPID mewakili beberapa fungsi penting yang terlibat dalam setiap keputusan.

Peran penting ini adalah Recommend (Merekomendasikan), Agree (Menyetujui), Perform (Melaksanakan), Input (Memberi masukkan), dan Decide (Memutuskan). Peran paling sentral dari model ini adalah peran Memutuskan, dengan semua peran lain mendukung peran ini.

Urutan pelaksanaan beberapa peran ini dalam praktik adalah Merekomendasikan (dengan disertai Masukan), Menyetujui, Memutuskan, dan Melaksanakan. Pada bagian yang selanjutnya kita akan menelisik masing-masing peran ini satu demi satu.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.