Seperti Apa Strategi SDM yang Baik? (bag 6)

Setelah memahami beberapa prinsip dalam perancangan strategi SDM, kami akan menyajikan beberapa contoh strategi SDM yang menarik untuk disimak. Mungkin dari contoh itu Anda bisa mendapat ide bagi strategi SDM Anda.

Sebelumnya kami telah menampilkan strategi SDM University of Nottingham yang membagi tujuan utama mereka ke dalam tujuan yang lebih mendetail. Cara ini bisa menjadi awalan yang baik dalam penyusunan strategi SDM Anda.

Namun ada juga sejumlah perusahaan di seluruh dunia yang telah menerapkan strategi SDM yang unik, menarik, sukses, dan, dalam banyak hal, cukup menonjol. Berikut adalah beberapa contoh diantaranya:

Google: Dikenal karena budayanya yang menarik namun kompetitif, yang berfokus pada mendorong kesuksesan dan kebahagiaan jangka panjang karyawannya. Untuk merekrut talenta terbaik, mereka harus fokus membangun budaya kerja yang hebat.” Dan itu benar-benar telah dilakukan, menyediakan lingkungan dan budaya kerja bagi karyawannya di seluruh dunia — dilengkapi fasilitas kafe, kompleks olahraga, sumber daya kesehatan, dan fasilitas unik lainnya — yang membuatnya jadi salah satu tempat yang paling diinginkan untuk bekerja. Namun itu bukan hanya sekadar penyediaan fasilitas kerja saja. Mengetahui bahwa SDM dapat membesarkan atau menghancurkan perusahaan, manajemen senior memastikannya terintegrasi dengan erat. Mereka melindungi karyawannya sebagai investasi kelas atas. Google juga melakukan segala yang mungkin untuk memastikan mereka memiliki karyawan yang bahagia dan produktif bagi perusahaan.

Cadbury: Merek yang terkenal dengan cokelat dan permen yang lezat bagi kalangan konsumen. Di kalangan yang lebih profesional juga terkenal, karena komitmennya yang mendalam kepada karyawan beserta keluarganya. Faktanya, strategi SDM Cadbury sederhana: menempatkan orang-orangnya di atas segalanya, yang membuatnya menjadi tenaga kerja yang sagngat setia. Namun, yang membuat Cadbury lebih unik adalah, sejak didirikan pada tahun 1824, perusahaan telah mempertahankan desa pekerja dan pabrik R&D-nya. Desa ini memberikan staf dan keluarga mereka lingkungan yang nyaman untuk bekerja dan tinggal. Meskipun tinggal di tempat kerja mungkin bukan pilihan yang sesuai bagi semua orang, menempatkan orang-orang sebagai prioritas pertama bagi perusahaan dalam segala hal yang dilakukannya adalah contoh sempurna tentang bagaimana strategi SDM selaras dengan tujuan bisnis yang lebih luas — retensi karyawan menjadi salah satu tujuan tersebut.

Toyota: Dalam industri otomotif, Toyota jelas memiliki sesuatu yang luar biasa. Seluruh budaya perusahaan dibangun di sekitar konsep yang disebut Kaizen, memberdayakan karyawannya untuk terus meningkatkan, mengembangkan keterampilan mereka, dan membuat dampak nyata pada bisnis. Ini membentuk tulang punggung strategi SDM perusahaan. Strategi SDM di Toyota mencakup skala gaji yang transparan dan otonomi penuh bagi para pemimpin untuk merekrut dan membangun tim mereka sendiri. Ini tidak dilakukan oleh industri otomotif lainnya. Tapi di sini, ini adalah kunci kesuksesan produksi dan manufaktur.

Selama Anda mengikuti lima langkahini, Anda sudah siap merancang manajemen sumber daya manusia strategis yang sama sekali baru untuk organisasi Anda — yang tidak diragukan lagi akan memperkuat budaya organisasi, meningkatkan kebahagiaan karyawan, dan memperkuat tujuan bisnis yang lebih luas. Ini akan memposisikan SDM sebagai pendorong inti kesuksesan organisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.