Menggapai Keberhasilan dengan Cepat bag 1

Keberhasilan yang dapat diraih dengan cepat dapat membuka jalan menuju terbentuknya kredibilitas dan kepercayaan diri setiap kali kita memulai peran baru dalam karier.

Peran baru yang dimaksud di sini bisa berarti memulai pekerjaan baru, mendapatkan pergantian bos baru, atau berhasil memenangkan kontrak dengan klien baru.

Dalam lingkungan bisnis yang serba cepat, ada banyak tekanan terhadap para karyawan baru untuk bisa sesegera mungkin membuktikan potensinya. Kecepatan meraih keberhasilan adalah alat utama dalam membantu Anda melakukan pembuktian ini. 

Keberhasilan yang diraih dengan cepat didefinisikan sebagai peningkatan baru yang mudah dikenali, kontribusi untuk organisasi, dan dapat dicapai dengan cepat.

Keberhasilan yang diraih dengan cepat biasanya dibatasi dalam 90 hari pertama memulai pekerjaan baru.  Keberhasilan ini dapat membuat awalan peran yang bagus dengan meningkatkan kredibilitas Anda. Tidak hanya itu, kesuksesan awal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan semangat, dan menciptakan nilai plus bagi organisasi.

Kesuksesan cepat di awal sangat penting karena tindakan awal dalam peran baru akan memiliki dampak terhadap penilaian orang lain terhadap Anda.

Cara mudah untuk mengidentifikasi kesuksesan cepat di awal adalah dengan melakukan brainstorming ide sebelum Anda memulai peran baru. Ide-ide itu usahakan agar memenuhi beberapa kriteria berikut:

  • Memiliki tujuan yang mudah dipahami dan ruang lingkup yang sempit . Karena ini adalah keberhasilan awal yang harus segera dicapai, jadi seharusnya tidak perlu ada perdebatan tentang apa yang ingin dicapai.
  • Membutuhkan sedikit atau tanpa ada pengeluaran modal. Terdapat dua alasan mengapa kriteria ini ada. Pertama, ketika Anda baru dalam sebuah pekerjaan, mengusulkan pengeluaran modal akan sering ditolak. Kedua, ketika membelanjakan modal, kita berisiko tidak mendapatkan pengembalian investasi tersebut. Kriteria ini hadir demi menghindari dua risiko ini.
  • Hasilnya harus bisa membangun kredibilitas. Ini bisa dibangun bersama tim, atasan, atau dengan orang lain dalam organisasi.
  • Kesuksesannya sangat mudah diukur. Untuk memastikan tingkat kesuksesannya, apalagi dalam waktu singkat, perlu kejelasan bahwa target telah tercapai.
  • Perlu ada dukungan dari pemangku kepentingan utama . Tanpa ini, Anda bisa-bisa malah mengejar target yang tidak terlalu penting bagi organisasi.
  • Keberhasilan harus cepat diraih.  Dalam konteks ini 90 hari, semakin cepat target itu diraih, maka semakin baik.
  • Tim Anda harus memiliki kemampuan untuk mencapai kesuksesan awal yang cepat ini.
  • Keberhasilan harus memberikan suatu nilai (memiliki dampak positif pada) organisasi. Kesuksesan itu hendaknya bisa menggerakkan organisasi ke arah yang benar dalam satu atau beberapa aspek, walaupun itu kecil.

Saat menganalisa ide-ide Anda dengan berbagai kriteria di atas, Anda akan mulai memperhatikan bahwa tidak semua ide memenuhi semua kriteria. Anda bahkan mungkin menemukan bahwa tidak ada ide yang memenuhi semua kriteria. Tidakmengapa. Apa yang ingin kami lakukan adalah menggunakan kriteria  ini untuk mengidentifikasi ide terbaik yang Anda miliki.

Konsep meraih kesuksesan awal dengan cepat sudah terpegang di tangan, namun masih ada beberapa jebakan yang harus diwaspadai. Selanjutnya akan kita bahas pada bagian berikutnya. 

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.