Teori Penetapan Target oleh Locke bag 1

Teori Penetapan Target yang dirumuskan oleh Locke adalah sebuah kerangka kerja yang bagus ketika digunakan saat menetapkan sebuah target.. Baik itu target untuk diri sendiri secara pribadi atau untuk sebuah tim yang Anda pimpin.

Teori ini terlahir dari hasilsuatu penelitian yang mana hasilnya menunjukkan bahwa dengan target yang tepat maka seseorang dapat meningkatkan produktivitas dan motivasi.

Locke dan Latham mampu memperlihatkan bahwa ketika seseorang menetapkan target yang spesifik dan menantang, kemudian juga menerima umpan balik secara teratur berkenaan dengan kemajuan proses yang ia jalani,, maka produktivitas dan motivasi seseorang tersebut akan meningkat.

Kinerja dan motivasi tetap akan meningkat terlepas dari apakah suatu pekerjaan memiliki kompleksitas yang tinggi atau kompleksitas yang rendah. Jadi, pekerjaan seperti apapun yang Anda atau tim Anda lakukan di saat ini, Teori Penetapan Target Locke dapat membantu meningkatkan produktivitas dan motivasi.

Selain menunjukkan jenis target yang dapat meningkatkan motivasi, penelitian mereka juga menunjukkan bagaimana jika seseorang tidak menetapkan suatu target. Pada eksperimen itu, mereka menemukan bahwa dengan menetapkan target yang tidak spesifik dan tidak jelas tidak akan sanggup meningkatkan motivasi.

Menurut Teori Penetapan Target Locke, contoh target yang tidak jelas antara lain:

  • Lakukan yang terbaik semampu Anda bisa.
  • Jadilah lebih baik dalam pekerjaan Anda daripada anggota tim lainnya
  • Selesaikan tugas Anda dengan kemampuan terbaik Anda.

Setelah membaca beberapa contoh di atas, memang tampak jelas bagi Anda bahwa menetapkan target yang tidak jelas seperti ini tidak akan meningkatkan motivasi atau kinerja, tetapi hal yang harus dimengerti adalah orang pertama yang menyadari dan membuktikan fenomena ini adalah Locke.

Bagaimana bisa penetapan target dapat meningkatkan produktivitas.

Ada banyak alasan mengapa target bisa meningkatkan produktivitas, antara lain:

1. Target membuat Anda tetap fokus pada apa perkara yang paling penting.

Ketika Anda teralihkan oleh sesuatu yang lain, Anda pada akhirnya akan menyadari bahwa pengalihan itu tidak menggerakkan Anda mendekati target yang Anda canangkan.

2. Adanya target membuat Anda lebih gigih.

Merupakan suatu hal yang wajar bila pada saat tertentu Anda mengalami hari-hari di mana perasaan sangat termotivasi dan terkadang malah sebaliknya, pada hari-hari lain segala sesuatunya seolah bersepakat untuk tidak berjalan dengan baik. Memiliki target yang menjadi komitmen Anda dapat memberi Anda tekad untuk melewati masa-masa sulit.

3. Target dapat membantu Anda menghadapi tantangan.

Jika Anda berkomitmen terhadap sesuatu, di saat-saat tertentu pastinya akan ada tantangan yang menghambat, pada saat inilah targetdapat membantu Anda mencapai sesuatu itu lebih dari yang Anda bayangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.