Mengenal 15 Jenis Soft Skill Profesional (1)

Para karyawan di berbagai peran dan industri dapat mengembangkan karier mereka dengan meningkatkan keterampilan profesionalnya. Keterampilan profesional dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan baru, menaikkan jabatan, membangun hubungan di tempat kerja, dan meningkatkan kinerja Anda.

Dalam serangkaian tulisan ini, kami mendefinisikan apa itu keterampilan profesional, membahas beberapa jenis keterampilan lunak, dan menawarkan saran bagaimana cara mengembangkan keterampilan profesional Anda.

Definisi keterampilan profesional

Secara umum keterampilan profesional merupakan kemampuan yang dapat membantu Anda berhasil dalam pekerjaan. Keterampilan profesional menggambarkan kebiasaan, kepribadian, atau kemampuan yang secara positif memengaruhi kinerja di lingkungan kerja. Memiliki keterampilan seperti itu bermanfaat bagi para karyawan di hampir semua jabatan, tugas, industri, dan lingkungan kerja.

Keterampilan profesional sering kali disebut sebagai soft skills, yaitu keterampilan yang bisa dimanfaatkan dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Soft skill merupakan keahlian mengenai bagaimana kita berhubungan dengan lingkungan dan orang-orang di sekitar kita. Sedangkan, hard skill merupakan pengetahuan yang lebih bersifat teknis atau khusus yang terkait dengan pekerjaan atau bidang industri tertentu.

Dalam serangkaian artikel yang akan kami sajikan berikut, kami akan menggambarkan 15 jenis soft skill yang dapat membantu karir profesional Anda lebih lanjut:

Kepemimpinan

Apakah Anda bekerja dalam posisi yang memiliki peran pengawasan? Bila iya, keterampilan kepemimpinan dapat menjadi aset berharga dalam karir Anda. Kemampuan kepemimpinan berarti Anda dapat memotivasi, memberi perintah, dan memberi bimbingan kepada orang lain. Orang-orang dengan keterampilan kepemimpinan memiliki kepercayaan diri dalam membantu orang lain bekerja, berkolaborasi, memecahkan masalah, atau menjalankan tanggung jawabnya.

Keterampilan yang terkait dengan kepemimpinan meliputi: Kepercayaan diri, Manajemen orang, Membangun akuntabilitas, Menentukan prioritas, Memotivasi, Melatih, Manajemen proyek, Melakukan analisis, Kreativitas, Melakukan pembimbingan, Memberi inspirasi, Menetapkan tujuan, Manajemen stres, dan Kesopanan

Jika Anda ingin mengembangkan keterampilan kepemimpinan, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.
Memilih bidang yang Anda sukai. Salah satu bagian terpenting dari kepemimpinan adalah kemampuan memotivasi orang lain. Ketika bekerja di bidang yang Anda sukai, Anda dengan sendirinya akan memiliki hasrat dalam melakukan pekerjaan. Dengan itu orang lain juga akan ikut termotivasi.

Mengikuti kursus kepemimpinan. Kursus seperti ini dapat meningkatkan kesadaran tentang perilaku kepemimpinan, apa yang diperlukan untuk menjadi pemimpin, dan membuka potensi peningkatan keterampilan. Ini juga dapat memberikan pemahaman beragam teori gaya kepemimpinan.

Refleksi pribadi. Merefleksikan situasi tertentu dan memikirkan bagaimana Anda menanganinya akan memungkinkan Anda mengidentifikasi bidang mana yang perlu diperbaiki dan apa yang bisa Anda lakukan dengan lebih baik. Hanya dengan melakukan perenungan, Anda dapat bersiap ketika situasi serupa terjadi kembali. Tidak ada pemimpin yang sempurna dan setiap orang dalam peran kepemimpinan harus merenungkan pekerjaan mereka dan menargetkan cara bagaimana meningkatkan cara mereka memimpin tim.

Menunjuk seorang mentor. Ini adalah cara yang bagus untuk mempelajari keterampilan kepemimpinan serta mendapatkan umpan balik mengenai kekuatan dan kelemahan Anda dari seseorang yang Anda yakini kemampuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.