Metode Wawancara STAR (1)

Metode Wawancara STAR adalah cara yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang perilaku dalam wawancara kerja.

Di akhir artikel ini, kami harap Anda akan memahami Model Wawancara STAR dan mengapa Anda harus menggunakannya saat menjawab pertanyaan tentang perilaku dalam wawancara kerja. Kami juga akan memberikan beberapa contoh pertanyaan tentang perilaku dalam wawancara kerja yang biasa ditanyakan oleh pewawancara dan menunjukkan kepada Anda contoh jawaban yang bagus untuk pertanyaan-pertanyaan ini.

Sesudah membaca artikel ini, Anda akan memahami Metode Wawancara STAR dan kapan Anda harus menggunakannya. Anda akan memiliki contoh jawaban Metode STAR untuk pertanyaan wawancara yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Terakhir, Anda akan mempelajari proses beberapa langkah sederhana yang dapat Anda gunakan agar bisa lebih siap menggunakan Metode STAR dalam sebuah wawancara.

Apa itu Pertanyaan Tentang Perilaku dalam Wawancara Kerja?

Pertanyaan tentang perilaku dalam wawancara kerja adalah pertanyaan tentang bagaimana Anda berperilaku di masa lalu.

Jenis pertanyaan ini mengharuskan Anda untuk memberikan contoh spesifik tentang bagaimana Anda menangani situasi kerja yang rumit di masa lalu. Pertanyaan seperti ini biasanya mulai dengan frasa seperti, “Ceritakan tentang waktu ketika …” dan “Beri saya contoh situasi di mana …”.

Dari sudut pandang pewawancara, pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan mereka untuk memastikan apakah Anda memiliki kualitas, perilaku, dan pengalaman yang mereka cari. Kualitas-kualitas ini biasanya sulit ditentukan jika hanya mengandalkan resume Anda, mencakup bidang-bidang seperti kerja tim, pemecahan masalah, bekerja di bawah tekanan, dan mengatasi terjadinya kemunduran.

Bila ditinjau dari sudut pandang Anda, pertanyaan seperti ini membuat kinerja masa lalu Anda menunjukkan apa yang dapat Anda lakukan untuk calon pemberi kerja. Sejarah kinerja itu juga memberi Anda kesempatan untuk membedakan diri Anda dari kandidat lain yang melamar peran yang sama.

Berikut adalah contoh pertanyaan tentang perilaku dalam wawancara kerja.

Ceritakan pengalaman Anda saat Anda harus bekerja dengan seseorang yang kepribadiannya sangat berbeda dengan Anda. Bagaimana Anda mengatasi masalah yang muncul karena perbedaan itu?

Beri saya contoh negosiasi yang paling susah yang sebelumnya pernah Anda tangani?

Ceritakan saat Anda berada di bawah tekanan yang signifikan. Bagaimana Anda melewati periode itu?

Ceritakan mengenai saat-saat Anda tidak bahagia di tempat kerja. Apa yang Anda lakukan untuk memperbaiki situasi?

Jelaskan saat Anda harus membuat keputusan yang sangat cepat. Bagaimana Anda melakukannya?

Ceritakan saat Anda mengalami kegagalan di tempat kerja. Apa yang Anda pelajari dari pengalaman itu?

Metode Wawancara STAR

Ketika Anda bertemu dengan pertanyaan tentang perilaku dalam wawancara kerja, Metode Wawancara STAR dapat menjadi cara yang tepat. Ini membantu Anda menjawab pertanyaan dengan cepat namun komprehensif. Sebuah cara yang membuat Anda tetap berada dalam peluang terbaik.

STAR adalah singkatan dari Situation, Task, Action, dan Result (situasi, tugas, aksi, dan hasil). Setiap kata dari akronim ini adalah sebuah langkah, dan Anda harus melakukan setiap langkah itu secara berurutan.

Arti dari setiap langkah Metode Wawancara STAR akan kita bahas di bagian selanjutnya.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.