Dua Belas Aturan Hidup (2)

Buku The 12 Rules for Life karya Jordan B. Petersonmengusung tema bagaimana seharusnya kita membawa diri, dan berikut adalah satu bagian dari serangkaian artikel yang meringkas isi buku ini.

Aturan ke-2: Perlakukan Diri Anda Sebagai Seseorang yang Benar-benar Membutuhkan Bantuan Anda.

Banyak orang yang lebih menyayangi hewan peliharaannya daripada dirinya sendiri. Salah satu alasannya adalah karena Anda adalah kritikus terburuk bagi diri Anda sendiri. Masing-masing dari kita dengan terang-terangan menyadari kekurangan kita sendiri, dan kesalahan yang kita buat karenanya. Hal ini menyebabkan hampir semua dari kita secara mental mencaci-maki diri sendiri karena kekurangan kita.

Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan kita menyabotase diri sendiri setiap hari. Mungkin Anda tidak menjaga kesehatan, atau mungkin Anda terus membuat janji pada diri sendiri yang tidak pernah Anda tepati.

Kita perlu mengubah pemikiran kita. Jika pada awalnya menganggap bahwa kita tidak layak dibantu karena kurangnya potensi yang kita miliki, maka kita perlu menggantinya dengan anggapan bahwa kita sebenarnya memiliki banyak hal yang dapat kita berikan, sehingga kita layak untuk hidup lebih baik agar mampu mengoptimalkan potensi kita itu.

Langkah Tindakan:

Mulailah bersikap baik pada diri sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

Mulailah dengan menuliskan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Anda, dan kemudian mencoba untuk menaatinya.

Berikan penghargaan pada diri Anda sendiri ketika Anda sanggup berpegang teguh pada nilai dan prinsip itu. Juga ketika Anda berhasil menahan untuk tidak melakukan sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan. Jika Anda benar-benar meraih pencapaian itu, pastikan Anda menindaklanjuti dan benar-benar memberi diri Anda penghargaan tersebut. Banyak orang tidak melakukan ini!

Jika Anda gagal dalam sesuatu, jangan menyalahkan diri sendiri. Bersikap baik dan mencoba untuk berbuat lebih baik lain kali.

Aturan ke-3: Berteman dengan Orang yang Menginginkan yang Terbaik untuk Anda.

Sebagian besar dari kita tidak terlalu memikirkan bagaimana kita membentuk persahabatan. Biasanya, persahabatan terbentuk di sekitar sesuatu yang Anda sukai. Mungkin Anda menikmati kegiatan bersepeda bersama, atau mungkin Anda memiliki lingkaran pertemanan yang sama-sama menyukai kegiatan ngobrol santai di cafe.

Anda mungkin akrab dengan ungkapan, teman Anda adalah cerminan diri Anda”. Hal seperti apa sebenarnya yang dimaksud oleh perumpamaan ini mengenai diri Anda?

Teman yang baik akan menarik Anda ke atas saat Anda terperosok atau jatuh ke bawah. Mereka tidak akan rela bila Anda terlibat dengan hal-hal negatif atau perilaku buruk. Sebaliknya, teman yang buruk akan menarik Anda ke bawah dan terkadang memfasilitasi atau mendorong perilaku buruk. Seringkali hal ini mereka lakukan untuk membuat diri mereka merasa lebih baik – semacam kompensasi atas keburukan yang telah mereka lakukan.

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas diri Anda, Anda mungkin perlu meningkatkan kualitas teman Anda.

Langkah Tindakan:

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa berteman dengan orang-orang yang menginginkan yang terbaik untuk Anda.

Anda bisa mengawali dengan melakukan audit 10 teman terdekat Anda.

Pilah dan pilih teman mana yang mendorong Anda untuk menjadi lebih baik dan mana yang menjatuhkan Anda.

Jika Anda memiliki beberapa teman yang sekiranya menarik Anda ke bawah,, tanyakan apakah mereka ingin dibantu. Ingatlah, Anda tidak dapat membantu orang yang tidak menginginkan bantuan. Jika mereka tidak ingin dibantu, menjauh sepertinya adalah pilihan terbaik.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.