Dua Belas Aturan Hidup (3)

Buku The 12 Rules for Life karya Jordan B. Petersonmengusung tema bagaimana seharusnya kita membawa diri, dan berikut adalah satu bagian dari serangkaian artikel yang meringkas isi buku ini.

Aturan ke-4: Bandingkan Diri Anda Dengan Anda yang Kemarin, Bukan dengan Orang Lain Hari Ini

Anda mungkin cukup sering membicarakan bagaimana Anda membandingkan diri Anda dengan orang-orang di sekitar Anda sepanjang waktu. Bagaimana kesimpulan Anda berdasarkan apa yang Anda lihat, kadar serotonin Anda meningkat atau menurun.

Lebih banyak serotonin bisa membuat kita merasa percaya diri dan terkendali, sedangkan lebih sedikit bisa membuat kita merasa kurang percaya diri dan lepas kendali.

Dengan munculnya internet, kita terhubung dengan miliaran orang di seluruh dunia. Jika Anda membandingkan diri Anda dengan orang-orang yang Anda lihat secara online, tidak perlu waktu lama untuk menyadari ketidakmampuan Anda.

Misalnya, anggap Anda adalah suami yang baik. Nah, Anda mungkin punya banyak teman di Facebook yang tampaknya menjadi suami yang lebih baik. Anda pikir Anda seorang penyanyi yang baik? Ada ratusan penyanyi yang lebih baik di Youtube. Membandingkan diri Anda dengan penyanyi-penyanyi ini akan membuat Anda terlihat tidak kompeten.

Ketika Anda bertemu dengan orang-orang di mana-mana yang tampak lebih baik dari Anda, kemungkinan besar Anda akan menyerah dan mulai merasa tidak ada gunanya berusaha.

Langkah Tindakan:

Sadarilah bahwa akan selalu ada seseorang yang melakukan lebih baik dari Anda. Jadi tidak ada gunanya membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Dengan kata lain, berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain hari ini.

Sebaliknya, mulailah membandingkan diri Anda dengan diri Anda yang kemarin.

Lihatlah bagaimana Anda berperilaku, bekerja, menjaga diri sendiri, dan memberi manfaat kepada orang lain. Cobalah untuk menemukan sesuatu yang dapat sedikit Anda tingkatkan di hari ini.

Dalam jangka panjang, itu dapat membuat perubahan besar dalam hidup Anda.

Dengan melakukan ini setiap hari, Anda akan lupa membandingkan diri Anda dengan orang lain karena Anda akan terlalu sibuk membandingkan diri Anda dengan diri Anda yang kemarin.

Aturan ke-5: Jangan Biarkan Anak Anda Melakukan Apapun yang Tidak Anda Sukai.

Aturan ke-5 dari 12 Aturan ini adalah tentang bagaimana menjadi orang tua.

Anak-anak terus-menerus menguji batas-batas perilaku untuk mempelajari aturan dunia. Adalah tugas Anda sebagai orang tua untuk mengajari anak Anda apa yang dapat diterima dan apa yang tidak.

Jika Anda tidak menetapkan batasan, maka anak Anda akan mempelajari batasan perilaku yang salah, karena mereka belum menerima umpan balik yang mereka butuhkan. Mereka akan tumbuh menjadi orang dewasa yang kurang dapat menyesuaikan diri dengan norma-norma masyarakat. Hal ini akan berdampak pada kebahagiaan mereka.

Jika Anda tidak mengajarkan aturan kepada anak-anak Anda, maka masyarakat akan menghukum mereka!

Langkah Tindakan:

Bersama-sama anak Anda, perjelas aturan-aturan tersebut.

Jangan mengubah aturan secara sewenang-wenang sesuai keinginan atau suasana hati Anda. Ini akan menciptakan kebingungan.

Catatan: Peterson memunculkan sedikit kontroversi dalam bukunya karena mengijinkan peran penguasa jika diperlukan dan juga menyoroti bahwa keluarga dengan dua orang tua lebih baik untuk membesarkan anak-anak daripada keluarga dengan orang tua tunggal.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.