Ringkasan Buku Good to Great – Konsep ke-1, Kepemimpinan Tingkat 5

Dalam buku ini digambarkan bahwa perusahaan-perusahaan yang hebat menerapkan konsep Level 5 Leadership. Setiap perusahaan besar yang diteliti Collin memiliki tipe pemimpin yang sama – Pemimpin tingkatt ke-5.

Jika Anda membayangkan tentang hierarki organisasi, tingkat kepemimpinan terendah adalah Individu yang Sangat Mampu. Ini adalah orang-orang yang berkontribusi menggunakan keterampilan, pengetahuan, dan kebiasaan kerja yang baik.

Bergerak naik satu langkah ke hirarki yang lebih tinggi, berikutnya adalah Anggota Tim yang memiliki kontribusi. Ini adalah individu yang mampu menggunakan keterampilan dan pengetahuannya untuk membantu kesuksesan tim.

Tingkat selanjutnya adalah Manajer yang Kompeten. Manajer ini mampu mengorganisir timnya untuk secara efisien mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya.

Tingkat ke-4 adalah Pemimpin yang Efektif. Di sinilah mayoritas pemimpin dapat ditemukan. Mereka mampu menciptakan komitmen dari timnya untuk mengejar visi yang jelas dan menarik dengan penuh semangat. Mereka juga mampu membuat tim berkinerja tinggi.

Akhirnya, kita mencapai Kepemimpinan tingkat ke-5. Inilah para pemimpin besar. Mereka memiliki kemampuan empat tingkatan lainnya ditambah kombinasi unik dari kemauan dan kerendahan hati. Dan kombinasi inilah yang membuatnya hebat.

Perilaku Pemimpin tingkat ke-5 yang menjadi pembeda meliputi:

  • Paradoks: pemimpin ini ambisius, tetapi ambisi mereka adalah agar organisasi lebih unggul daripada dirinya. Pada saat yang sama, mereka cenderung rendah hati tentang apa yang sudah mereka kontribusikan dan tidak menonjolkan diri.
  • Termotivasi: Mereka selalu termotivasi, bahkan terobsesi untuk menghasilkan hasil yang luar biasa terus-menerus. Kata kuncinya adalah terus-menerus, bukan hanya keberhasilan satu kali.
  • Membangun penerus: pemimpin ini membangun penerus yang lebih sukses. Hal ini berbeda dengan pemimpin level 4 yang kadang-kadang akan menjebak penerus mereka agar gagal menunjukkan potensinya.
  • Berbagi pujian: Mereka berbagi pujian di antara tim ketika semuanya berjalan dengan baik.
  • Mengakui kesalahan: pemimpin ini bersedia memikul tanggung jawab ketika terjadi kesalahan. Dengan berbagi pujian dan menerima kesalahan, mereka membuat timnya sangat setia dan berkomitmen kepadanya.
  • Terlihat biasa: pemimpin jenis ini tidak pernah memiliki kepribadian atau perilaku selebritas yang sukanya melebih-lebihkan kenyataan kehidupan.
  • Berasal dari dalam organisasi: kehebatan pemimpin ini bersumber dari proses pengembangan internal perusahaan.

Anda harus mencoba mengembangkan sifat-sifat ini jika Anda ingin menjadi Pemimpin tingkat ke-5.

Untuk membentuk dan menemukan Pemimpin tingkat ke-5 dalam organisasi, inilah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Carilah hasil bagus yang tanpa seorangpun mengklaim kreditnya. Bisa jadi sosok pemimpin ini sudah ada dalam organisasi Anda.
  • Ajarkan konsep dalam buku “good to great” ini.
  • Pekerjakan potensi internal. Hindari godaan untuk merekrut bakat eksternal.
  • Berinvestasi dalam pengembangan pribadi, pembinaan dan pendampingan untuk tim Anda.

Demikianlah konsep pertama dari buku ini. Silahkan melanjutkan ke konsep berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.