Ringkasan Buku Good to Great

Pada kesempatan ini, kami akan merangkum poin-poin penting dari buku bisnis klasik, berjudul “Good to Great” – yang juga sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia – karya Jim Collins.

Kenyataan menunjukkan terdapat beberapa perusahaan yang bukan hanya bagus, tapi hebat, seperti Coca-Cola. Tapi i ini bukan hanya tentang perusahaan tersebut. Buku ini mengutarakan berbagai perusahaan yang bagus untuk waktu yang lama dan kemudian entah bagaimana menjadi hebat untuk waktu yang lama. Untuk menemukan perusahaan-perusahaan tersebut, 1.435 perusahaan dikaji selama periode 40 tahun. Dari penelitian itu ditemukan sebelas perusahaan besar. Dan pertanyaan yang coba dijawab buku ini adalah bagaimana perusahaan-perusahaan ini menjadi hebat, dan apakah prinsip-prinsip yang mereka meliki dapat diulang?

Ternyata jawabannya sangat sederhana, pragmatis, dan lugas. Jika kita diharuskan menggambarkan konsep inti buku ini dalam satu kata, kata itu adalah disiplin, disiplin, dan disiplin.

Untuk tidak sekadar menjadi perusahaan yang bagus, tapi menjadi perusahaan yang hebat, Anda memerlukan orang-orang yang disiplin, pemikiran yang disiplin, dan tindakan yang disiplin.

Orang yang disiplin: berarti bagaimana mendapatkan individu yang tepat dan menjaga mereka tetap fokus pada keunggulan relatif masing-masing.

Pemikiran yang disiplin: berarti jujur ​​terhadap kenyataan dan jangan sampai kehilangan fokus.

Tindakan disiplin: berarti memahami apa yang penting untuk dicapai dan apa yang tidak.

Terdapat efek “roda gila” dalam perusahaan yang hebat. Tiga konsep di atas sedikit demi sedikit membangun momentum. Lalu saat terdapat suatu terobosan, maka momentumnya akan terpenuhi dengan sendirinya. Sebuah perusahaan dapat menghabiskan bertahun-tahun untuk melakukan upaya yang konsisten untuk mendapatkan kecepatan maksimum roda gilanya. Namun begitu roda gila itu melaju dalam kecepatan maksimum, perusahaan akan lebih mudah mempertahankan kinerja terobosannya selama bertahun-tahun.

Buku ini menjelaskan bagaimana suatu perusahaan menjadi hebat, bukan hanya menjadi bagus. Menjadi Bagus adalah musuh besar. Banyak orang dan perusahaan puas dengan menjadi bagus karena lebih mudah. Banyak perusahaan bahkan tidak berusaha menjadi hebat. Tidak ada upaya untuk menjadi yang terbaik di industri mereka. Ini membuka pintu bagi pesaing. Menjadi yang terbaik berarti sama sekali tidak ada ruang untuk berpikir biasa-biasa saja. Kenyataan seperti ini juga terjadi dalam hidup kita. Hanya sedikit orang yang menggapai kehidupan yang hebat. Ini karena kebanyakan orang sudah merasa cukup senang menjalani kehidupan yang bagus.

Ada banyak hal yang bisa dibahas dalam ringkasan buku ini. Tulisan ini akan kami bagi-bagi dalam beberapa bagian agar tidak terlalu panjang. Secara garis besar buku ini menawarkan 6 konsep, yaitu:

  • Kepemimpinan tingkat 5.
  • Menentukan siapa sebelum menentukan apa
  • Siap menghadapi kejamnya kenyataan
  • Prinsip Landak
  • Budaya Disiplin
  • Akselerasi menggunakan teknologi

Poin-poin di atas akan kami urai satu demi satu dalam artikel tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.