Konsep 8 Langkah Perubahan bag 3

Dari keseluruhan 8 langkah, pada bagian ini kita mulai menginjak langkah ke-7.

Langkah 7: Bangun Perubahan

Perubahan yang nyata membutuhkan waktu yang sangat lama. Kecuali bila pendekatan baru sudah tertanam kuat, masih ada risiko bahwa organisasi kembali ke cara lama dalam melakukan sesuatu. Kesuksesan cepat di awal hanyalah permulaan dari apa yang perlu terjadi untuk mencapai perubahan jangka panjang.

Ini berarti Anda harus terus mengulangi langkah empat sampai enam, yaitu mengomunikasikan visi, memberdayakan orang lain, dan memunculkan kesuksesan cepat.

Mudah untuk menurunkan tensi proses perubahan begitu Anda melihat beberapa kesuksesan cepat. Langkah ini melawan kecenderungan itu. Yaitu mendorong Anda untuk tetap fokus dengan terus menetapkan tujuan untuk membangun kesuksesan dan momentum yang sudah di capai.

Langkah 8: Melembagakan Perubahan

Pada langkah ini, Anda membuat perubahan jadi permanen. Perubahan perlu menjadi bagian mendasar dari cara kerja organisasi dan budayanya.

Itu berarti bahwa perubahan harus terintegrasi ke dalam sistem dan proses organisasi. Perubahan harus tertanam dalam pekerjaan sehari-hari setiap individu dalam organisasi.

Terdapat prinsip yang perlu Anda perhatikan dalam berkomunikasi berkaitan dengan proses perubahan. Gaya komunikasi Anda harus menyesuaikan berdasarkan situasi yang Anda hadapi. Apa yang sesuai di awal inisiatif mungkin tidak sesuai ketika Anda berada jauh di dalam proses eksekusi.

Perangkat yang dapat membantu Anda menyesuaikan gaya komunikasi adalah Kurva Perubahan . Menggunakan perangkat ini dapat membantu Anda mengetahui cara terbaik menjalin komunikasi berdasarkan posisi anggota tim di sepanjang kurva perubahan.

Kelebihan dari Model 8 langkah Perubahan Kotter meliputi:

  • Berfokus pada mendapatkan dukungan dari karyawan penting untuk memastikan kesuksesan.
  • Cocok dengan struktur organisasi tradisional.
  • Memberikan langkah-langkah yang jelas dalam memandu Anda melalui proses perubahan.

Kekurangan utama dari Model 8 langkah Perubahan Kotter meliputi:

  • Ini adalah model top-down, sehingga Anda dapat kehilangan peluang potensial karena tidak semua orang terlibat dalam penciptaan bersama visi.
  • Dapat menyebabkan penolakan dan kebencian di antara karyawan jika Anda tidak mempertimbangkan Kurva Perubahan dan bagaimana orang bereaksi terhadap perubahan yang signifikan.
  • Meskipun model ini sangat bagus untuk memulai perubahan, model ini tidak banyak membantu Anda dalam hal mempertahankan perubahan.

Mengubah organisasi dengan sukses adalah tantangan. Model 8-Langkah Perubahan Kotter menyediakan proses langkah demi langkah yang dapat Anda ikuti agar perubahan Anda berpeluang besar untuk berhasil.

Ketika Anda berusaha untuk menciptakan iklim perubahan dan membangun momentum melalui visi yang kuat, menghilangkan hambatan, dan mencapai kesuksesan cepat secara teratur, kemungkinan besar Anda akan berhasil.

Ketika Anda mengulangi tahapan Model 8 Langkah Perubahan Kotter dalam jangka panjang, maka Anda dapat menjadikan perubahan sebagai bagian inti dari organisasi Anda dan budayanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.