Kiat Praktis Kepemimpinan dan Manajemen

Beberapa dari kita bisa jadi sudah memiliki bakat kepemimpinan. Tapi keberhasilan seseorang tidak hanya tertumpu pada bakatnya.

Berbakat atau tidak, kemampuan memimpin dapat dipelajari dan dilatih. 

Jika Anda bersedia berusaha dan belajar, kemampuan memimpin dapat Anda kuasai. Banyak kiat praktis mengenai masalah ini, dan berikut ini adalah sebagian di antaranya.

Bergerak maju sembari melihat ke belakang. Tidak perlu terlalu risau dengan tingkat kemampuan dan keberhasilan Anda. Kenyataannya banyak perusahaan dan pemimpin berhasil meskipun memiliki keterampilan manajemen yang buruk. Sekarang, bayangkan tingkat kesuksesan yang bisa dicapai jika mereka itu memiliki keterampilan kepemimpinan yang istimewa? Atau mungkin hanya keterampilan kepemimpinan yang baik? Apapun gaya kepemimpinan Anda, jangan segan untuk mengumpulkan umpan balik tentang gaya manajemen tersebut dan sesuaikan dengan konteks Anda.

Memberi contoh. Berperilakulah sebagaimana Anda ingin karyawan Anda berperilaku, tetapi juga pahami bahwa peran Anda berbeda dari peran karyawan Anda.

Buatlah tim bersama individu yang tepat. Rekrutlah individu yang penuh vitalitas, berilah keterampilan, jika ada kesempatan, pekerjakan orang yang lebih baik dari Anda. Selalu siap menerima karyawan baru sehingga itu akan  membuat mereka langsung merasa terhubung dengan organisasi.

Menjauhi kebiasaan menyalahkan. Anda mungkin tidak memiliki tim bertabur bintang, tetapi itu tidak berarti harus puas dengan keadaan yang biasa-biasa saja. Anda memiliki pilihan untuk menginspirasi tim agar melebihi ekspektasi. Setelah melakukan usaha dengan maksimal, bisa saja ada sesuatu yang benar-benar di luar kemampuan tim yang membuat target gagal tercapai. Saat itu terjadi, apa yang tidak boleh Anda lakukan adalah menyalahkan orang lain atas kegagalan tim Anda.

Bangun kekuatan. Setiap orang berfokus untuk memperbaiki kelemahan. Anda dapat membangun keunggulan  pembeda dengan memberikan perhatian khusus pada sisi kekuatan diri, karena di sinilah Anda akan menerima imbal balik terbesar atas investasi peningkatan kualitas diri Anda.

Lebih baik dihormati daripada dicintai. Sebagai manusia, kita memiliki kecenderungan alami untuk ingin dicintai. Tetapi apa yang terjadi jika keinginan untuk dicintai mengalahkan kemampuan Anda untuk memimpin? Para pemimpin yang efektif menyadari bahwa lebih penting dihormati oleh orang-orangnya daripada dipuja. Mereka membuat keputusan sulit yang diperlukan untuk mengamankan masa depan orang-orang di sekitarnya, termasuk bawahan langsung mereka.

Keberhasilan Anda bergantung pada kesuksesan orang lain. Untuk berhasil sebagai seorang manajer, Anda perlu mengalihkan fokus Anda dari “saya” menjadi “kami”. Ke depannya, kesuksesan Anda tidak lagi diukur oleh kontribusi individu Anda. Sebaliknya, Anda akan dievaluasi berdasarkan kemampuan Anda untuk membuat dan mempertahankan tim yang anggotanya saling berkontribusi dan bersedia memberikan semuanya.

Temukan pelatih atau mentor. Anda pada akhirnya bertanggung jawab atas kesuksesan Anda sendiri. Jika beruntung, Anda mungkin mendapat persetujuan untuk menghadiri sebuah sesi pelatihan yang dapat menambah wawasan. mendapatkan fasilitas pelatihan adalah permulaan, namun terkadang pelatihan tidak membawa ke tempat yang Anda inginkan. Dengan begitu, temukan pelatih atau mentor yang dapat dengan cepat membimbing Anda.

Saatnya mencoba sesuatu yang baru jika apa yang selama ini Anda lakukan tidak memberikan hasil yang Anda cari. Pilih satu atau dua kiat di atas dan mulailah mencoba. Kemudian pilih beberapa lagi. Tidak lama lagi, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk menjadi pemimpin alami yang sukses di segala bidang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.