7 Prinsip Komunikasi bag 1

Pada dasarnya prinsip ini  adalah serangkaian checklist yang dapat kita gunakan untuk memastikan bahwa kita sudah berkomunikasi secara efektif.

Komunikasi adalah sesuatu yang kita lakukan hampir sejak kita lahir. Saat bayi, kita berkomunikasi secara efektif dengan menangis ketika kita tidak bahagia terhadap sesuatu. Sebagai anak kecil, kita sudah berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita bahkan sebelum mulai sekolah.

Komunikasi adalah bagian inti dari pengalaman menjadi manusia. Tetapi karena kita belajar berkomunikasi di masa kanak-kanak, banyak dari kita tidak pernah meninjau kembali topik tersebut dan mempelajariketerampilan komunikasi yang diperlukan untuk komunikasi yang benar-benar efektif.

Mengapa keterampilan berkomunikasi penting?

Renungkan beragam kesalahpahaman yang pernah Anda saksikan dalam kehidupan profesional sehari-hari. Kesalahpahaman yang Anda saksikan itu bisa jadi berjumlah ribuan.

Kesalahpahaman klasik dan yang umum terjadi dalam konteks organisasi diilustrasikan oleh contoh berikut.

Icha meminta Andy untuk membuat laporan yang menunjukkan angka penjualan selama setahun. Andy kemudian menyerahkan laporan yang menunjukkan angka-angka dari 1 Januari hingga tanggal saat ini. Namun, bukan itu yang diinginkan Icha. Yang sebenarnya diinginkan Icha adalah angka penjualan selama 12 bulan terakhir.

Kesalahpahaman antara Icha dan Andy berarti Icha sekarang harus berbicara dengan Andy lagi untuk menjelaskan apa yang sebenarnya dia inginkan. Ini juga berarti Andy memiliki pekerjaan ekstra yang harus dilakukan karena dia perlu meninjau kembali dan mengulang laporannya.

Hentikanlah aktifitas Anda sejenak dan pikirkan kembali semua komunikasi yang Anda lakukan dalam satu hari. Email. Panggilan konferensi. Rapat tim. Presentasi. Pertemuan empat mata. Bahkan obrolan santai di kedai kopi. Jumlah komunikasi yang Anda sampaikan dan terima dalam satu hari dapat dengan mudah mencapai ratusan.

Nilai Penting

Dengan komunikasi yang efektif Anda dapat menghindari kesalahpahaman. Menghindari kesalahpahaman akan menghemat waktu Anda.

Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan produktivitas Anda dengan mempertajam keterampilan komunikasi untuk mengurangi kesalahpahaman.

7 Prinsip Komunikasi yang Efektif

Anda dapat menganggap prinsip komunikasi ini sebagai checklist untuk memastikan Anda berkomunikasi dengan jelas dan efektif. Tujuh prinsip tersebut adalah: Jelas, Ringkas, Konkret, Benar, Koherent, Komplet, Sopan.

Mari kita dalami masing-masing 7 prinsip komunikasi di atas satu demi satu.

1. Jelas

Mulailah setiap pesan dengan mengajukan pertanyaan, “Apa tujuan komunikasi yang akan Anda lakukan?”. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat tujuan komunikasi Anda jelas kepada penerima.

Jika Anda tidak yakin apa tujuan komunikasi tersebut, kemungkinan besar pihak yang Anda ajak berkomunikasi juga mengalami hal yang sama.

Kejelasan juga berkenaan dengan menghindari penggunaan kata-kata kompleks, kalimat, dan bahasa kabur.

Pembahasan 6 poin berikutnya tentang prinsip berkomunikasi akan kami lanjutkan pada bagian kedua artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.