Mendefinisikan Struktur Organisasi

Merancang seperti apa struktur organisasi yang terbaik untuk perusahaan, divisi, atau tim Anda bisa disamakan dengan memilih kendaraan baru yang akan Anda pakai sehari-hari. Pada tingkat paling dasar, Anda akan mencari sesuatu yang layak jalan — sesuatu yang dapat membawa Anda (dan penumpang Anda) dari titik asal menuju titik tujuan tanpa hambatan.

Tetapi itu ternyata tidak pernah terjadi secara sederhana. Ternyata terdapat banyak opsi yang perlu dijadikan bahan pertimbangan. Kendaraan berupa motor atau mobil? Bermesin disel atau bensin? Atau yang berjenis kendaraan listrik? Transmisi otomatis atau manual? Model skuter atau yang lainnya? Sudah dilengkapi GPS bawaan atau tidak? Dan masih banyak opsi-opsi yang lain.

Dalam dunia struktur organisasi, opsi yang harus Anda pilih mencakup hal-hal seperti rantai komando (panjang atau pendek?), rentang kendali (lebar atau sempit?), dan sentralisasi pengambilan keputusan (ditentukan dari pusat atau tersebar alias terdesentralisasi?). Dan beberapa hal ini hanyalah sebagian dari sejumlah opsi yang harus dijadikan pertimbangan ketika menyusun struktur organisasi.

Struktur organisasi dan kepegawaian mengacu pada operasi dan manajemen perusahaan, bisnis atau entitas lain. Mendefinisikan struktur organisasi untuk bisnis adalah aspek kunci dari perencanaan bisnis, yang di dalamnya termasuk kepegawaian.
Struktur organisasi adalah suatu cara atau metode yang dengannya. kegiatan organisasi dibagi, diorganisir dan dikoordinasikan. Organisasi menciptakan struktur untuk melakukan koordinasi kegiatan faktor kerja dan mengontrol kinerja anggota. Struktur organisasi menggambarkan apa yang dilakukan karyawan, kepada siapa mereka melapor, dan bagaimana keputusan dibuat di seluruh bisnis.

Seringkali didasarkan pada perkiraan, pertimbangan mengenai struktur organisasi dan kepegawaian dapat mencakup anggaran, persyaratan produksi, serta pengalaman kerja karyawan dan staf manajemen. Struktur organisasi dapat pula menggunakan fungsi, pasar, produk, geografi, atau proses sebagai panduannya. Struktur organisasi tertentu digunakan oleh bisnis tertentu yang memiliki ukuran tertentu dan di bidang industri tertentu pula.

Apa gunanya struktur organisasi? Sebagai pemimpin bisnis, apakah Anda membutuhkannya? Struktur organisasi membantu Anda menentukan setidaknya tiga elemen kunci tentang bagaimana bisnis Anda akan berjalan – rantai perintah, rentang perintah, dan sentralisasi pembuatan keputusan.

Saat perusahaan Anda semakin besar, struktur organisasi juga dapat membantu karyawan baru saat mereka mempelajari siapa yang seharusnya mengelola suatu proses di perusahaan Anda, dan kepada siapa proses itu harus dipertanggungjawabkan.

Dengan menggunakan struktur organisasi bisnis, manajer dapat menentukan staf yang dibutuhkan, bagaimana memanfaatkan sumber daya yang ada dan kapan harus menambah staf baru untuk menyelesaikan pekerjaan.

Standar dan rutinitas operasional dapat dikembangkan berdasarkan fondasi yang disediakan oleh struktur organisasi. Merancang struktur organisasi juga membantu menentukan staf mana yang akan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, yang dapat membantu dalam membentuk tindakan perusahaan atau bisnis.

Kemudian, jika Anda perlu melakukan perputaran, pergeseran, atau pergantian kepemimpinan, Anda dapat memvisualisasikan bagaimana alur kerja melakukan fungsinya dengan melakukan penyesuaian diagram struktur organisasi Anda. Penyesuaian itu bisa dengan mengubah alur kerja, mengganti orang yang mengisi suatu posisi, atau memodifikasi susunan posisinya.

Sederhananya, bagan ini seperti peta yang hanya menjelaskan cara kerja perusahaan Anda dan bagaimana perannya diatur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.