Resensi Buku

Ringkasan Buku The Lean Startup oleh Eric Ries (8)

Pada bagian sebelumnya kita membahas bahwa bila produk tidak mendapat respon yang layak, maka startup perlu melakukan perubahan haluan atau pivot. Pada bagian ini kita membahas berbagai variasi Pivot tersebut.

Startup bisa melakukan pivot dengan berbagai pilihan. Terdapat banyak jenis pivot yang umum dijumpai, antara lain:

1. Pivot Semakin Fokus

Pengguna sangat menyukai fitur tertentu yang terdapat pada produk Anda. Sehingga Anda memutuskan untuk fokus secara eksklusif pada fitur yang dimaksud dan mengabaikan fitur yang lainnya.

2. Pivot Semakin Melebar

Fitur produk yang Anda tawarkan masih kurang bisa memuaskan pelanggan, jadi Anda menambahkan lebih banyak lagi fitur.

3. Pivot Segmen Pelanggan

Produk Anda bagus, tetapi memberikan pemecahan masalah bagi kelompok pengguna yang tidak menjadi target Anda. Sehingga Anda memutuskan untuk melakukan pivot ke audiens target baru.

4. Pivot Kebutuhan Pelanggan

Anda telah menghabiskan waktu untuk mencoba memahami kebutuhan pelanggan Anda, tetapi produk yang Anda buat tidak menyelesaikan masalah signifikan yang mereka miliki. Jadi Anda melakukan pivot demi mengatasi masalah yang lebih penting bagi pelanggan yang sama.

5. Pivot Platform

Pivot platform adalah perubahan basis di mana produk diaplikasikan. Untuk produk perangkat lunak,isalnya berganti dari berbasis aplikasi menjadi berbasis web, dari yang berbasis komputer desktop menjadi berbasis ponsel. Aplikasi game yang awalnya berbasis ponsel menjadi berbasis konsol. Media koran yang dahulu berbasis media cetak berubah jadi berbasis web.

6. Pivot Arsitektur Bisnis

Pada pivot jenis ini, Anda berubah haluan dari pendekatan margin tinggi dan volume penjualan rendah ke pendekatan margin rendah dan volume penjualan tinggi atau sebaliknya.

7. Pivot Perolehan Nilai

Dalam pivot ini, Anda mengubah cara Anda memonetisasi produk Anda. Misalnya, Anda mungkin berpindah dari model yang mengandalkan pemasukan iklan ke model berlangganan. Contoh yang lain misalnya tidak menjual produk tapi menyewakannya.

8. Pivot Alat Pertumbuhan

Dalam pivot ini, Anda mengubah cara Anda menarik pelanggan. Misalnya, Anda dapat beralih dari model organik ke model berbayar.

9. Pivot Saluran

Pivot saluran merupakan perubahan cara pengiriman produk ke pelanggan Anda. Misalnya, Anda dapat beralih dari penjualan langsung ke penjualan melalui distributor pihak ketiga.

10. Pivot Teknologi

Pivot teknologi terjadi ketika perusahaan menemukan cara memberikan solusi yang sama melalui teknologi yang berbeda, biasanya untuk menghemat biaya. Misalnya, Netflix beralih dari menyediakan film berformat CD menggunakan jasa pengiriman menjadi mengirimkan film hanya melalui internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *