Resensi Buku

Ringkasan Buku The Lean Startup oleh Eric Ries (9)

Bila hasil eksperimen produk menunjukkan respon yang tidak memuaskan dari pasar, maka startup perlu melakukan pivot. Namun bila hasil eksperimen menunjukkan potensi yang menjanjikan, maka produk harus dilanjutkan dan dikembangkan.

PPercepatan

Bila Anda sudah sampai pada tahap ini, Anda telah melalui proses Lean Startup berkali-kali dan menemukan spesifikasi produk yang Anda inginkan untuk membangun bisnis yang berkelanjutan. Satu-satunya cara untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan adalah dengan mengelola produk agar terus bertumbuh, yaitu ketika pelanggan baru datang dari pelanggan lama. Terdapat tiga cara untuk mencapai percepatan pertumbuhan ini.

1. Jenis Percepatan Pertumbuhan Berlangganan
Dengan menggunakan jenis pertumbuhan ini, ketika Anda mendapatkan pelanggan, Anda ingin mereka bertahan selama mungkin. Jenis mesin ini sangat penting untuk layanan berlangganan, jejaring sosial, dan market place. Churn rate adalah metriks yang penting bagi jenis bisnis ini.

2. Jenis Percepatan Pertumbuhan Viral
Dengan mengandalkan cara pertumbuhan viral, ketika Anda memperoleh pelanggan, Anda bergantung langsung pada pelanggan itu untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan baru. Jika setiap pelanggan membawa cukup banyak pelanggan baru, maka ini dapat menyebabkan pertumbuhan eksponensial. Koefisien viral adalah metriks utama untuk jenis bisnis ini.

3. Jenis Percepatan Pertumbuhan Berbayar

Dengan memanfaatkan cara pertumbuhan berbayar, Anda membayar untuk mendapatkan pelanggan baru, misalnya, menggunakan iklan. Jika pelanggan baru menghasilkan pemasukan yang lebih besar dari biaya mendapatkan pelanggan, maka Anda dapat menggunakan kelebihan keuntungan untuk menjalankan lebih banyak iklan yang menghasilkan keuntungan lebih banyak lagi. Biaya Akuisisi Pelanggan (Customer Acquisition Cost, CAC) dan Nilai Seumur Hidup (Lifetime Value, LTV) adalah metrik terpenting untuk jenis bisnis ini.

Cara Menghindari Jebakan Pertumbuhan

Konsep ke-1: Menggunakan Paket Pertumbuhan Berukuran Kecil

Saat Anda tumbuh, Anda harus menahan keinginan untuk berinvestasi berlebihan dengan pembaruan berskala besar. Sebaliknya, Anda harus mencoba fokus menjaga ukuran pertumbuhan sekecil mungkin. Tawarkan pembaruan sedikit demi sedikit kepada pelanggan, tetapi dengan frekuensi berdekatan, dengan begitu Anda bisa belajar lebih cepat.

Teknik untuk membantu Anda mengurangi ukuran paket pertumbuhan diantaranya:

  • Mengadopsi metodologi tangkas (agile). Memecah pertumbuhan dalam beberapa fase.
  • Gunakan otomatisasi demi mempercepat proses putaran berkesinambungan Lean Startup, misalnya, pengujian otomatis.
  • Temukan cara yang lebih cepat dalam membuat prototipe, misalnya, dengan menggunakan evolusi berkelanjutan, perangkat lunak pihak ketiga, atau printer 3D.
  • Gunakan layar besar ketika menampilkan KPI yang penting secara real-time kepada seluruh tim. Dengan begitu, jika ada yang salah, semua orang akan langsung mengetahuinya.

Konsep ke-2: Metode 5 Mengapa dan Investasi Proporsional

Setiap startup yang tumbuh akan menghadapi ketegangan yang saling bertentangan. Anda memilih tumbuh dengan cepat tetapi tidak stabil atau pertumbuhan yang lambat tapi mantap? Apakah Anda membuat produk secepat mungkin dan berkompromi dengan kualitas atau membangun perlahan dengan mempertimbangkan kualitas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *