Analisis SWOT, Bagaimana Melakukannya 2

Melanjutkan pembahasan analisis SWOT yang sebelumnya sudah sampai pada pembahasan 

  • Kekuatan
  • Kelemahan

Postingan ini melanjutkan ke bagian selanjutnya.

Peluang

mempelajari dan memahami lingkungan eksternal dapat menghasilkan identifikasi peluang baru. Cara lain untuk mengenali peluang adalah dengan mempelajari lebih jauh tentang kekuatan Anda yang sudah teruji dan menentukan apakah ada di antara berbagai kekuatan itu yang dapat berkembang menjadi peluang. Selain itu, Anda dapat mempelajari kelemahan Anda untuk melihat apakah dengan menyelesaikan salah satunya akan menghasilkan peluang. Berikut beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan untuk membantu mengidentifikasi peluang:

  • Apa tren utama di pasar?
  • Bagaimana tren dalam kebijakan / hukum pemerintah?
  • Bagaimana perilaku sosial masyarakat mengalami perubahan?
  • Bagaimana lingkungan berubah?
  • Apa yang mungkin menjadi fokus pesaing Anda di tahun-tahun mendatang?
  • Pernahkah Anda memperhatikan perubahan pada apa yang dibeli para pelanggan?
  • Bagaimana gaya hidup masyarakat atau lingkungan kerja berubah?

Ancaman

Di bidang ini kita mempelajari perubahan apa di lingkungan eksternal yang dapat menimbulkan ancaman. Pertanyaan untuk ditanyakan di sini meliputi:

  • Bisakah kebutuhan atau tren mengalihkan pelanggan Anda dari perusahaan atau produk Anda?
  • Apakah ada undang-undang atau peraturan baru yang berpotensi memengaruhi Anda?
  • Apakah teknologi baru membuat bisnis / proyek / keterampilan / produk Anda menjadi ketinggalan zaman?
  • Dapatkah Anda menentukan strategi pesaing Anda dan seberapa besar Anda harus mengkhawatirkan hal ini?

Tip untuk Melakukan Analisis SWOT

Saat melakukan analisis SWOT, ada beberapa tip berguna yang harus Anda ingat:

Untuk membantu Anda mengumpulkan data SWOT, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Brainstorming atau Teknik Delphi.

Setelah Anda menentukan besaran poin-poin di bawah setiap item SWOT, prioritaskan mereka sehingga yang paling penting ada di atas dan yang paling tidak penting di bagian bawah. Ini berguna untuk membantu Anda memusatkan pemikiran pada faktor-faktor yang paling penting.

Akan sangat baik jika faktor-faktor yang kita amati dijelaskan dengan spesifik. Daripada hanya mengatakan “kami lebih murah daripada pesaing”, lebih baik jika mengatakan “kami rata-rata 20% lebih murah daripada pesaing”

Jangan hanya mengandalkan analisis SWOT untuk dimasukkan ke dalam perencanaan strategis. Gunakan alat tambahan seperti analisis PEST, EPISTEL, atau analisis STEER.

Matriks SWOT dapat memperlihatkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman utama. Satu hal di mana analisis SWOT dapat diunggulkan adalah ketika dapat membantu organisasi memahami bahwa tidak harus mengejar strategi yang paling utama atau menguntungkan. Maksudnya, ada cara yang lebih baik untuk menciptakan keunggulan kompetitif di pasar, yaitu dengan mendekati peluang yang tampaknya paling sesuai dengan kekuatan perusahaan, saat pesaing bergerak ke arah yang berbeda sehingga ancaman yang terlihat jadi minimal.

Kesimpulan

Analisis SWOT memfasilitasi pembuatan strategi dengan mempelajari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Ini dapat digunakan dalam konteks pribadi atau bisnis. Analisa ini bisa membantu kita membentuk keunggulan kompetitif. Analisa ini juga relatif sederhana untuk dilakukan. Jika Anda menjalankan proyek atau program, mengapa tidak coba melihat apakah ada kemungkinan perbaikan nyata yang dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan tim untuk melakukan analisis SWOT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.