Analisis SWOT, Bagaimana Melakukannya

Analisis SWOT adalah suatu metode yang dapat digunakan untuk membantu perencanaan strategis. Perencanaan Strategis dapat dianggap sebagai proses yang digunakan organisasi untuk menentukan strateginya, yaitu, arah yang akan dituju di masa depan.

Definisi SWOT

Analisis SWOT merupakan teknik yang dapat kita gunakan untuk memahami Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman yang dihadapi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Analisis SWOT dapat digunakan dalam sejumlah konteks, mencakup organisasi dan kehidupan pribadi kita. SWOT bekerja dengan memeriksa faktor internal (Kekuatan dan Kelemahan) dan faktor eksternal (Peluang dan Ancaman) yang berdampak pada tujuan.

Nilai lebih pada analisis SWOT ini adalah adanya kemungkinan kita untuk sangat cepat menemukan peluang yang sebenarnya berada pada posisi yang tepat untuk kita manfaatkan. Selain itu, dengan memahami sisi kelemahan dan ancaman eksternal, Anda dapat mengambil langkah untuk mengelola sisi yang mungkin tidak terlihat jelas.

Dalam konteks bisnis, SWOT membantu Anda membangun strategi yang menyelaraskan peluang dan kekuatan Anda, sehingga Anda dapat secara efektif membedakan diri Anda dari pesaing lainnya, sekaligus mengurangi potensi ancaman yang dihadapi strategi ini. Tujuannya jelas untuk membantu bisnis sukses di masa depan.

Analisis SWOT tidak hanya bisa digunakan untuk menentukan arah seluruh organisasi, tetapi juga dapat digunakan di tingkat produk, tingkat rencana pemasaran, atau bahkan tingkat proyek. Anda bahkan dapat menggunakan analisis SWOT untuk memahami pesaing Anda dan produk mereka. 

Kita dapat menggunakan analisis SWOT pada diri kita sendiri, misalnya, untuk memahami karir, sehingga membantu kita menciptakan karir yang menarik berdasarkan kemampuan dan selera pribadi kita yang disesuaikan dengan peluang di pasar, sambil tetap memperhatikan ancaman yang akan menghadang kita atau kelemahan yang mungkin kita miliki.

Mari kita sama-sama coba untuk memahami apa yang dimaksud dengan Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman satu demi satu, dengan tujuan memberi Anda pengetahuan menyeluruh tentang analisis SWOT.

Kekuatan

Yang dimaksud dengan kekuatan adalah sumber daya, produk, dan kemampuan yang tersedia yang memungkinkan Anda mencapai keunggulan kompetitif. Berikut beberapa pertanyaan yang dapat digunakan untuk membantu menentukan kekuatan Anda:

  • Apakah Anda memiliki keuntungan biaya (akses ke sumber daya yang lebih murah)?
  • Apakah Anda memiliki pengetahuan khusus di antara staf Anda?
  • Apakah Anda memiliki hak distribusi eksklusif?
  • Apakah Anda memiliki keuntungan logistik?
  • Hal apakah yang dilihat oleh pelanggan sebagai keunggulan Anda?
  • Hal apa yang mungkin dikatakan oleh pesaing sebagai keunggulan Anda?

Kelemahan

Kelemahan jelas merupakan kebalikan dari kekuatan, atau mungkin hanya ketiadaan kekuatan di area tertentu. Berikut beberapa pertanyaan yang bisa digunakan untuk menentukan kelemahan Anda:

  • Apakah sumber daya Anda terlalu mahal, atau struktur biayanya yang terlalu mahal?
  • Apakah Anda kurang pengetahuan?
  • Apakah saluran distribusi Anda lemah?
  • Apakah hak distribusi Anda eksklusif atau tidak?
  • Apakah yang dilakukan pesaing Anda lebih baik dari Anda?
  • Jika pelanggan telah meninggalkan Anda, mengapa ini terjadi?
  • Ketika Anda secara konsisten gagal melakukan penjualan, mengapa demikian?
  • Hal apakah yang dianggap pesaing sebagai kelemahan Anda?

berlanjut ke bagian kedua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.