Prosedur Charette bag 2

Bagaimana Cara Menjalankan Prosedur Charette? Berikut ini kami akan menggambarkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjalankan rapat dengan Prosedur Charette. Perhatikan bahwa ada beberapa fleksibilitas pada waktu pertemuan. Semua langkah tidak perlu dilakukan di tempat atau waktu yang sama. Ini berarti sesi diskusi dapat berlangsung selama beberapa hari atau minggu.

Langkah 1: Pilih Topik

Langkah pertama dalam proses ini adalah menentukan rangkaian topik yang ingin Anda diskusikan.

Anda juga perlu menentukan waktu setiap kelompok untuk bertukar pikiran tentang suatu topik, biasanya 10-15 menit.

Langkah 2: Pilih Grup

Pecahlah grup besar Anda menjadi beberapa grup yang lebih kecil. Biasanya lima orang ditambah seorang perekam merupakan jumlah ideal, tetapi itu tergantung pada ukuran grup Anda secara keseluruhan.

Saat memikirkan siapa yang harus berada di grup mana Anda bisa mempertimbangkan untuk menempatkan orang-orang dari departemen yang berbeda atau tingkat pengalaman yang berbeda dalam satu grup. Ini seringkali lebih bisa memunculkan kreatifitas daripada menggabungkan beberapa orang yang sangat mirip dalam satu grup.

Untuk menghindari pemborosan waktu, Anda bisa menyamakan jumlah kelompok kecil dengan jumlah topik yang perlu dibahas.

Langkah 3: Tetapkan Topik

Tetapkan topik pembahasan untuk setiap kelompok Anda.

Langkah 4: Brainstorming

Pada langkah ini, semua kelompok melakukan brainstorming topik mereka masing-masing. Selama sesi ini berlangsung, perekam bertugas menyimpan catatan diskusi. Diskusi berakhir ketika batas waktu debat telah tercapai.

Langkah 5: Merotasi Topik

Pada langkah ini, perekam berpindah ke kelompok berikutnya dan memulai sesi diskusi sesuai dengan topik yang ia bawa. Kelompok yang baru bisa langsung melanjutkan hasil pembahasan dari kelompok sebelumnya.

Tujuan dari langkah ini adalah agar kelompok baru membangun ide-ide dari kelompok sebelumnya serta menghasilkan ide-ide baru.

Anda mengulangi langkah 5 sampai semua kelompok memiliki kesempatan untuk bertukar pikiran tentang suatu topik.

Langkah 6: Menyusun Ide

Di akhir rotasi diskusi, berikan waktu bagi perekam untuk mengumpulkan ide-ide yang telah didiskusikan.

Langkah 7: Prioritaskan

Pada langkah ini, semua kelompok yang berbeda dikumpulkan kembali, dan para perekam menyajikan daftar ringkasan kepada seluruh kelompok.

Dengan bantuan seluruh kelompok, Anda prioritaskan daftar tersebut dan sepakati rencana tindakan atau langkah selanjutnya.

Ada banyak keuntungan dari Prosedur Charette, di antaranya:

  • Proses Charette menghasilkan gagasan berkualitas tinggi karena ide-ide yang dihasilkan dipoles dan disempurnakan seiring setiap putaran diskusi.
  • Proses Charette membantu mencegah masalah kerentanan terhentinya diskusi pada kelompok berukuran besar.
  • Dengan memecah menjadi kelompok-kelompok kecil, Anda memberi kesempatan pada setiap orang untuk berkontribusi.

    Ada beberapa kelemahan yang terkait dengan Prosedur Charette, termasuk:

    • Ada kemungkinan terjadinya situasi yang mana sebuah kelompok tidak melakukan apapun karena menunggu giliran diskusinya.
    • Setelah beberapa kemajuan signifikan selama proses Charette, diskusi bisa saja terhenti pada saat Anda mengumpulkan semua kelompok untuk mendiskusikan ide yang harus diprioritaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.