Bagaimana Agar Mudah Didekati

Apakah Anda seorang introvert? Merasa lebih nyaman jika tidak terlibat dengan sebuah ppercakapan? Melakukan presentasi adalah sesuatu yang menyiksa. Anda merasa enggan jika diajak makan bersama anggota tim. Anda lebih suka memiliki ruangan tersendiri bukan karena inign menunjukkan kekuasaan, tapi hanya karena ingin sendiri. Jika Anda memiliki kecenderungan seperti itu dan Anda adalah seorang manajer, adakah keuntungan yang layak diperjuangkan sehingga perlu dicoba untuk lebih membuka diri?

Jika introversi adalah perilaku yang membuat Anda merasa nyaman, sungguh disayangkan, ternyata agar menjadi pemimpin yang sukses seseorang harus berusaha menjadi pemimpin yang mudah didekati dan lebih bersikap sosial. Tapi tidak perlu khawatir, agar menjadi lebih terbuka, sosial, dan mudah didekati caranya dapat dipelajari. Berikut adalah caranya.

Mulailah Mengatakan Ya

Janganlah terlalu mengikuti naluri Anda, yaitu berkata tidak saat mendapat undangan bersosialisasi dengan orang baru. Mulailah katakan “Ya.” Awalnya memang sulit, namun dengan pembiasaan itu akan lebih mudah nantinya. Tanamkan kebanggaan dalam diri atas usaha Anda untuk mencoba berubah lebih baik.

Tingkatkan Keterampilan Presentasi

Sangat sedikit profesional di masa sekarang yang dapat meningkatkan karier mereka ke tingkat tertinggi tanpa mampu memberikan presentasi dengan kepercayaan diri. Salah satu cara meningkatkan keterampilan ini adalah dengan bergabung dengan kelas pelatihan presentasi di sekitar Anda. Ini bisa memberikan suasana aman-nyaman untuk Anda berlatih presentasi. Ini juga akan memberi Anda kesempatan berlatih improvisasi percakapan dan untuk melatih obrolan ringan Anda.

Tersenyum

Ada orang yang memang sudah terbiasa tersenyum. Namun bila Anda termasuk yang tidak terbiasa, maka Anda harus mencoba untuk lebih banyak tersenyum. Ini mungkin terasa sangat tidak wajar pada awalnya, tetapi setelah beberapa hari mencoba, ini akan menjadi lebih mudah. Patut Anda ketahui bahwa betapa efektifnya sebuah senyum kecil mampu menenangkan orang dan membuat Anda lebih mudah didekati.

Terbuka Kepada Rekan Kerja

Jangan terlalu jauh memisahkan pikiran pekerjaan dan pikiran pribadi, buka sedikit dan bagikan sesuatu yang pribadi tentang diri Anda – apa yang ingin Anda lakukan, ke mana Anda ingin liburan, hal konyol yang baru Anda stemui. Tidak ada salahnya sedikit berbagi, itu akan membantu membangun kepercayaan dan memperkuat hubungan Anda dengan rekan kerja.

Tingkatkan Interaksi

Mulailah untuk membiasakan berbicara dengan beberapa rekan kerja per minggu. Tambahlah jumlahnya bertahap. Ini akan meningkatkan wawasan Anda mengenai kondisi perusahaan, dan memperkuat hubungan dalam kantor Anda. Bisa pula dengan menjadwalkan makan siang bersama rekan kerja tiap minggu sekali.

Tingkatkan Keterampilan Mendengar

Manfaat mendengarkan orang lain sangat penting dalam urusan pemahaman interpersonal. Berdasar pengalaman pribadi, ketika bertemu dengan seorang teman dan berinteraksi beberapa jam, kabar yang dapat digali ternyata lebih banyak daripada komunikasi intens yang kita lakukan selama beberapa bulan melalui aplikasi perpesanan. Bila menilik pengalaman itu, tidak ada salahnya jika Anda memulai mencoba untuk mendengarkan orang lain. Dengan begitu orang lain akan merasa dihargai saat berbicara dengan Anda, dan itu membuat Anda semakin mudah didekati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.