Cara Terbaik untuk Menerapkan Filosofi Kaizen dalam Kehidupan Pribadi Anda (2)

Selama bertahun-tahun, Kaizen berkembang menjadi cara hidup yang penuh makna. Penerapan filosofi peningkatan 1% sehari dapat membalikkan keadaan bagi orang-orang yang terjebak dalam rutinitas.

Mengubahh Kaizen menjadi Metode untuk Pertumbuhan Pribadi

Beberapa orang mengaitkan filosofi ini dengan ‘Shinto’ (Pikiran Tuhan) dan seni bela diri. Dimasukkannya kata ‘Zen’ mendorong beberapa interpretasi pada individu yang tertarik pada pencapaian tujuan pengembangan pribadi. Idenya adalah mencapai pertumbuhan kecil dan konsisten setiap hari. Upaya dan kemajuan harian Anda pada akhirnya akan menghasilkan hasil yang signifikan.

Anggap saja seperti tindakan menjaga kebersihan pribadi yang sepele. Menyikat gigi dan menyisir rambut setiap hari bukanlah kebiasaan yang bisa mengubah hidup. Namun, tindakan itu berhasil mencegah masalah kesehatan yang muncul karenanya. Menerapkan filosofi Kaizen dalam kehidupan pribadi memiliki implikasi yang bermanfaat bagi kehidupan mental, sosial, dan profesional. Anda mencapai tujuan ini dengan berjuang melakukan perbaikan terus-menerus setiap hari.

Bagaimana Memulainya?

Sebuah studi pendahuluan membandingkan peserta yang menggunakan Kaizen dalam kehidupan sehari-hari untuk peningkatan pribadi. Orang-orang ini menerapkan prinsip Kaizen standar untuk mengubah kualitas hidup mereka dan menghilangkan kebiasaan buruk. Peneliti menyimpulkan bahwa filosofi ini dapat mengembangkan ‘harmoni antara tubuh dan pikiran’.

Kadar kesuksesan bergantung pada tiga elemen:

  • Kemauan yang tak tergoyahkan.
  • Sebuah tujuan motivasi atau insentif.
  • Pola pikir yang berkembang.

Setelah Anda menggabungkan ketiga karakteristik tersebut, Anda akan lebih mudah berkomitmen pada rencana pengembangan jangka panjang ini.

Prinsip-prinsip Kaizen: Mengapa Filosofi Kaizen Bisa Bekerja dengan Baik?

Kaizen mengajarkan Anda agar melalui hidup dengan pikiran terbuka dan kemauan untuk belajar. Dengan menggunakan pendekatan ini memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk mencapai hasil yang diinginkan. Jika tidak, itu berarti Anda berpegang teguh pada prinsip tradisional dan harapan bahwa segala sesuatunya akan berubah ketika Anda menemukan suatu resep rahasia.

Padahal pada kenyataannya, segala sesuatu di alam berkembang secara perlahan ketika menciptakan perubahan yang signifikan. Contoh paling umum adalah transformasi ulat yang menjadi kupu-kupu.

Metodologi Kaizen pada dasarnya terdiri dari sekumpulan segmen atau prinsip. Dengan banyak variasi pada prinsip ini.

Versi berikut lebih menyoroti filosofi ini dari aspek pertumbuhan dan perkembangan pribadi:

  • Selalu ada ruang untuk perbaikan, jadi teruslah belajar keterampilan baru dan pelajari kembali keterampilan lama untuk mendapat pertumbuhan yang sehat.
  • Ganti kebiasaan lama dengan yang baru setiap kali kebiasaan lama itu gagal memenuhi tujuan Anda saat ini.
  • Carilah bantuan dari banyak mentor daripada berkonsultasi dengan satu ahli.
  • Berhentilah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membuat alasan ketika Anda gagal. Perubahan hanya mungkin terjadi jika Anda secara aktif menemukan solusi permasalahan Anda.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.