Dua Belas Aturan Hidup (4)

Buku The 12 Rules for Life karya Jordan B. Petersonmengusung tema bagaimana seharusnya kita membawa diri, dan berikut adalah satu bagian dari serangkaian artikel yang meringkas isi buku ini.

Aturan ke-6: Perbaiki Diri Anda Dahulu Sebelum Anda Mengkritik Dunia.

Melontarkan kritik yang sekadar kritik sangatlah mudah. Hanya duduk santai di sofa Anda lalu menunjuk kekurangan orang lain, pekerjaan mereka, dan perilaku mereka. Kadang-kadang tindakan ini meluas menjadi menyalahkan orang lain atas situasi yang terjadi pada kehidupan pribadinya yang itu disebabkan oleh perilakunya sendiri.

Bedakan dengan kritikan yang disampaikan oleh pakar politik, musik, pendidikan, dsb terhadap suatu fenomena yang terjadi di bidang tertentu. Kritik yang semacam ini disampaikan berdasar ilmu pengetahuan dan pengalaman seorang ahli pada bidang yang ia pahami. Mereka tidak asal-asalan memberi kritik.

Perilaku seperti ini adalah suatu cara yang paling banyak dipilih, mengkritik orang lain sebagai alasan sekaligus melepaskan tanggung jawab atas suatu kekeliruan yang kita perbuat. Perbaiki kesalahan Anda sendiri sebelum Anda menunjuk orang lain.

Langkah Tindakan:

Apakah Anda tahu sesuatu yang Anda lakukan itu salah? Mungkin tanpa disadari Anda melakukan sesuatu yang buruk bagi kesehatan atau karir Anda.

Jika Anda telah merasa melakukannya, maka berhentilah melakukan itu hari ini.

Jangan buang waktu untuk mempertanyakan apa yang Anda lakukan atau mencoba untuk menemukan akar masalah, terlebih dahulu cobalah untuk berhenti jika Anda tahu itu salah.

Aturan ke-7: Hidup Bukan Cuma Sekadar “Berfungsi,” Tapi Juga “Bermakna” dan “Bernilai.”

Berusahalah untuk jangan sekadar menjalani hidup seperti biasa. Carilah kebermaknaan dan nilai lebih.

Untuk mengejar hal itu memang menyusahkan. Namun kesusahan itu hanya bersifat jangka pendek, secara jangka panjang hidup Anda akan lebih baik.

Langkah Tindakan:

Perhatikan dunia di sekitar Anda. Tanyakan bagaimana Anda bisa membuat dunia sedikit lebih baik hari ini.

Tanyakan apa yang harus Anda lakukan hari ini untuk membuat hidup Anda lebih baik di masa depan.

Berpikir lebih besar. Bagaimana Anda bisa membuat dunia menjadi tempat yang jauh lebih baik? Anda harus menjadi orang seperti apa untuk mencapai ini? Semakin besar perubahan yang ingin Anda buat, semakin besar pengorbanan yang mungkin perlu Anda lakukan, tetapi semakin berarti hidup Anda.

Aturan ke-8: Katakan Yang Sebenarnya, Atau Setidaknya Jangan Berbohong

Terdapat beberapa jenis kebohongan, seperti berbohong demi mendapatkan sesuatu, berbohong untuk menghindari menyakiti orang lain, berbohong dengan menghilangkan informasi, atau bahkan membohongi diri sendiri.

Kita terkadang tidak jujur demi menghindari sesuatu yang tidak mengenakkan. Cara ini mungkin berhasil dalam jangka pendek, tetapi melemahkan karakter kita karena kita tidak bertindak sesuai yang seharuksnya. Hal ini menjadi lebih buruk ketika kita berbohong untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

Setiap perbaikan yang Anda lakukan hari ini terhadap diri Anda yang kemarin (aturan ke-4) akan dibatasi oleh seberapa jujur ‚Äč‚ÄčAnda hari ini.

Langkah-Langkah Tindakan

Yakinilah bahwa ketidakjujuran akan selalu menyakiti Anda. Karena itu, Anda harus selalu mengatakan yang sebenarnya, atau setidaknya, tidak berbohong.

Tanyakan pada diri sendiri kebenaran sulit apa yang Anda hindari. Percakapan tidak nyaman apa yang perlu Anda lakukan? Baik dengan diri sendiri maupun dengan orang lain.

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.