Ringkasan Buku Good to Great – Konsep ke-6 Akselerasi Menggunakan Teknologi

Perusahaan hebat memandang teknologi dengan cara yang berbeda. Perusahaan akan berinvestasi dalam teknologi baru hanya jika itu sesuai dengan Konsep Landaknya.

Bagaimana perusahaan-perusahaan hebat menyikapi teknologi?

Melihat teknologi dalam kaitannya dengan Konsep Landak.

Mereka mempertanyakan apakah teknologi baru cocok dengan Konsep Landak mereka. Hanya jika ada yang cocok, mereka akan berinvestasi di dalamnya.

Menjadi pionir teknologi yang selaras dengan Konsep Landak.

Mereka menggunakan teknologi untuk mempercepat momentum yang sudah mereka miliki. Ini adalah bagian dari pendekatan yang disiplin agar unggul dalam Konsep Landaknya.

Menggunakan teknologi dengan cara yang unik.

Karena mereka mengkaji teknologi melalui sudut pandang Konsep Landaknya, mereka akan sering menggunakan teknologi dengan cara yang berbeda dari kebanyakan.

Mempertahankan pandangan yang seimbang tentang teknologi.

Bagaimana teknologi digunakan jauh lebih penting daripada dorongan untuk sekadar mengadopsi teknologi terkini.

Selain 6 konsep yang sudah kita bahas hingga bagian ini, terdapat juga efek roda gila pada perusahaan yang hebat.

Efek Roda Gila

Bayangkan sebuah roda gila yang sangat besar. Beratnya ribuan kilogram. Untuk membuatnya berputar, Anda harus mendorongnya. Saat Anda mulai mendorongnya, Anda mungkin menghasilkan sedikit gerakan memutar. Kemudian satu dorongan lain, kemudian dorongan lain lagi.

Satu dorongan dengan kekuatan penuh tidak mampu menggerakkan roda. Apalagi satu dorongan kecil. Saat pertama kali mulai mendorong, rasanya hampir tidak mungkin menggerakkan roda. Tapi Anda tetap melakukannya. Mendorongnya, dan mendorongnya, dan mendorongnya. Semakin banyak momentum yang Anda bangun, semakin cepat roda berputar.

Kemudian pada titik tertentu, roda gila raksasa ini seolah memiliki tenaga sendiri dan berputar sangat cepat dan tidak membutuhkan banyak usaha untuk mempertahankan putaran. Pada titik ini roda gila ini malah susah Anda hentikan.

Pada kondisi ini Anda telah mencapai Efek Roda Gila terbentuknya organisasi yang hebat. Organisasi mengambil tindakan yang konsisten sejalan dengan Konsep Landaknya. Organisasi kemudian mendapatkan beberapa hasil nyata. Pada gilirannya, ini memberi energi pada semua bagian di organisasi, sehingga momentum mudah dipertahankan tanpa banyak usaha.

Kebanyakan orang terobsesi dengan terobosan besar yang memberikan perbedaan. Jika Anda ditanya apa satu dorongan besar yang membuat roda gila itu berputar begitu cepat, Anda tidak akan bisa menjawab. Karena tidak ada satu hal yang Anda lakukan yang membuat perbedaan. Ini mengenai konsistensi dalam jangka panjang.

Sekarang mari kita bayangkan kebalikan proses di atas. Anggap saja sebuah perusahaan yang menjadi besar karena telah berhasil melakukan terobosan besar yang menentukan.

Upaya untuk mempertahankan momentum dilakukan dengan melakukan usaha besar namun dilakukan beberapa kali saja. Upaya besar ini melelahkan. Seiring waktu, upaya yang hanya sesekali waktu ini menyebabkan hasil yang buruk.

Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan perusahaan berganti ke ide baru karena yang sebelumnya tidak berjalan seperti yang diharapkan. Setiap kali terjadi pergantian ide, momentum hilang.

Perusahaan benar-benar berhenti berusaha meneruskan momentum. Sebaliknya, mereka fokus untuk menciptakan satu terobosan besar. Terobosan ini tidak pernah datang. Peristiwa ini terus berulang. Ini sama saja seperti memperlambat putaran roda gila secara bertahap.

Kunci prinsip ini adalah menyadari bahwa tidak ada usaha tunggal yang dapat membuat perbedaan, sebesar apapun usaha itu. Jadi, Anda harus memikirkan efek kumulatif, bukan mencari satu keberhasilan yang dramatis.

Demikianlah bagian akhir dari rangkuman buku “Good to Breat” .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.