Trik Sederhana Membuat Pelatihan Online

Pola kerja jarak jauh, atau bahasa kerennya bekerja dari rumah, memang sudah kita kenal sebelumnya. Namun kondisi pandemi global telah membuat pola kerja jarak jauh menjadi hal yang semakin umum.  Beberapa organisasi berhasil melakukan penyesuaian dan memulai langkah besar menerapkan pola kerja dari rumah, sedangkan ada pula yang kesulitan melakukan penyesuaian.

Bahkan bagi organisasi yang tidak terlalu terganggu dengan perubahan pola kerja konvensional menuju pola kerja jarak jauh sangat mungkin akan mempertahankan pola kerja jarak jauh. Namun apapun keahlian yang dimiliki organisasi Anda, pelatihan tetap menjadi bagian penting dari pengembangan karyawan, itu berarti jarak tidak boleh menjadi penghalang program pelatihan di organisasi.

Pelatihan berbasis teknologi jarak jauh sebetulnya masih cukup efektif jika  dibandingkan pelatihan konvensional. Berikut ini adalah beberapa trik yang bisa diterapkan bagi profesional manajemen SDM untuk membuat pelatihan jarak jauh berbasis teknologi informasi bagi organisasinya.

Memilih topik yang tepat. 

jangan sampai peserta membuang waktu karena mempelajari materi pelatihan yang sudah ia ketahui. itulah mengapa topik pelatihan yang tepat sangatlah penting. Membahas sesuatu yang baru dan dapat diterapkan pada pekerjaan peserta didik, dan topik tersebut juga harus menjadi sesuatu yang dapat dipelajari secara virtual.

Membagi pelatihan menjadi beberapa bagian. 

Tidak semua peserta memiliki waktu untuk menyelesaikan sebuah pelatihan sekaligus. Memecah pelatihan menjadi beberapa bagian akan memungkinkan peserta untuk belajar dalam alokasi waktu yang paling sesuai baginyadan akan membantu mereka menghindari gangguan.

Memvariasi formatnya. 

Meskipun PowerPoint mungkin merupakan format terbaik untuk suatu pelatihan, ada opsi lainnya sebagai alternatif yang dapat membuat pelatihan lebih menarik dan sesuai bagi peserta. Seperti video, audio, infografis, cerita, dan sebagainya. HRD harus mempertimbangkan opsi yang paling sesuai demi meraih hasil terbaik.

Menggunakan perangkat lunak yang tepat. 

Untuk membuat pelatihan yang efektif, perusahaan harus berinvestasi pada alat pembelajaran online lainnya seperti sistem manajemen pembelajaran. Berinvestasi pada fasilitas ini dapat mengurangi gangguan dan hasil pembelajaran yang lebih baik bagi karyawan jarak jauh.

Menggunakan sesuatu yang hemat biaya. 

COVID-19 membuat perusahaan berhemat di bidang pelatihan agar bisa terus bertahan, itulah sebabnya HRD harus mencari metode pelatihan yang hemat biaya. Carilah kursus gratis atau berdiskon untuk membuat pelatihan sesuai dengan anggaran perusahaan.

Memanfaatkan konsultan. 

Jika perusahaan tidak memiliki tim pelatihan atau lebih suka menggunakan jasa para ahli, maka menggunakan jasa konsultan pelatihan merupakan pilihan terbaik. Mereka memiliki tenaga profesional dan berpengalaman dengan beragam pelatihan dengan bermacam latar belakang karyawan. Ini akan menjadi pilihan yang paling mahal bagi organisasi, tetapi manfaatnya mungkin lebih besar daripada biayanya.

Sementara pandemi telah mengubah kehidupan normal kita, dalam hal pelatihan tenaga kerja, metode penyampaian tampaknya menjadi satu-satunya hal yang mengalami perubahan. Walau organisasi harus bergeser dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran online, tetapi gagasannya masih sama: berikan pelatihan yang relevan dan tepat waktu dalam format yang mudah dicerna oleh peserta didik, dan buat itu menarik sehingga mereka merasakan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.