Strategi Blue Ocean 2

Pada artikel sebelumnya telah kami jabarkan bahwa strategi Blue Ocean berbeda dari kebanyakan strategi yang pernah kita jumpai. Strategi ini digunakan saat memulai pasar baru. 

Pada dasarnya perusahaan cenderung mengamati dan menangani kebutuhan pelanggan daripada bersaing dengan perusahaan kompetitor. 

Terdapat 6 prinsip strategi blue ocean yang dapat kita gunakan saat kita mencoba memulai strategi ini.

  • Prinsip 1: Buat batasan pasar dengan mencari celah pasar yang layak secara komersial.
  • Prinsip 2: Fokus pada gambaran besar, bukan pada sesuatu yang terlalu detail.
  • Prinsip 3: Jangan berpikir tentang permintaan pelanggan yang ada, pikirkan sesuatu yang di luar itu.
  • Prinsip 4: Pikirkan tentang strategi yang bertahap. Fokuskan upaya untuk membangun strategi yang memastikan pertumbuhan jangka panjang.
  • Prinsip 5: Atasi rintangan organisasi.
  • Prinsip 6: sertakan eksekusi ke dalam strategi. Bangun motivasi karyawan dan gunakan kompetensi mereka untuk melaksanakan strategi.

Contoh terbaik dari pelaksanaan Strategi blue ocean yang sangat dikenal luas adalah ketika Apple kali pertama memperkenalkan iPhone. Sebelum Apple meluncurkan iPhone terdapat sejumlah analis yang memperkirakan bahwa  Apple akan mengalami kegagalan ketika memutuskan untuk memasuki pasar ponsel, para analis meyakini hal ini karena bersaing dengan produsen ponsel akan sangat berbeda dengan bersaing dengan pabrikan PC. Para produsen ponsel merupakan organisasi yang sangat dinamis.  Mereka mengeluarkan produk baru dalam hitungan bulan dan Mereka juga memiliki hubungan bisnis yang kuat dengan semua operator seluler yang sudah ada. Selain itu model penjualan ponsel yang secara umum dipakai adalah model penjualan ber subsidi. Pembeli ponsel membayar harga ponsel dengan berlangganan paket data seluler dalam ikatan kontrak dengan durasi waktu tertentu.

Hal yang tidak disadari para analis adalah saat Apple masuk ke bisnis ponsel, ia menawarkan produk yang sama sekali baru. Apple merancang produknya sangat baik dan ramah pengguna, fitur yang ditawarkan jauh berbeda dengan ponsel yang saat itu banyak beredar di pasaran. Konsumen sangat tertarik dan menyukai produk baru tersebut. Mereka rela mengeluarkan uang lebih banyak demi mendapatkan produk yang benar-benar baru itu.

Kejadian ini merupakan contoh yang bagus tentang strategi Blue Ocean. Strategy ketika Apple menciptakan pasar baru yang mana pelanggan bersedia membayar lebih demi mendapatkan ponsel mereka (karena memiliki fitur yang baru dan menarik.

Singkatnya, strategi Blue Ocean adalah cara untuk memfokuskan pemikiran strategis terhadap penciptaan pasar baru yang saat ini tidak ada. Dalam perusahaan yang bergerak cepat dan sibuk di saat sekarang ini, manajer proyek dan manajer program sering diminta untuk merencanakan, mengeksekusi, dan  mengelola konsep yang sangat tidak jelas. Jika Anda diminta mengelola proyek dan program tidak jelas seperti contoh di atas, maka Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan strategi blue ocean sebagai latihan untuk memikirkan cara terbaik demi mencapai tujuan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.