Kompensasi: Apa Artinya? Apa saja Jenisnya? (1)

Memahami berbagai jenis kompensasi sangat penting jika Anda adalah orang yang mendapat tugas mengatur struktur kompensasi, pemimpin SDM, pemilik bisnis atau manajer. Bisnis bertanggung jawab secara hukum untuk memberi kompensasi kepada para pekerjanya atas kerja mereka, tentu saja, namun organisasi juga mempunyai tanggung jawab menjelaskan struktur kompensasinya kepada kandidat dan karyawan. Hal ini sangat penting selama proses perekrutan, peninjauan kinerja, dan peninjauan penggajian. Namun, istilah yang digunakan dalam industri untuk mengkategorikan dan mendiskusikan kompensasi terkadang membingungkan.

Karena kompensasi dapat menjelma dalam banyak bentuk, penting bagi para pekerja untuk memahami bagaimana mereka diberi kompensasi,macam-macam jenis kompensasi yang bisa mereka dapatkan, dan nilai total paket kompensasi mereka. Meskipun ini mungkin terlihat terlalu rumit untuk menggambarkan suatu pengupahan, ini jadi masuk akal setelah Anda memahami bahwa kompensasi memang menjadi lebih kompleks ketika dipecah menjadi gaji pokok, komisi, tip, bonus, tunjangan, jatah kepemilikan saham, dan jenis kompensasi lainnya. Hal penting yang juga perlu menjadi pertimbangan, Berbagai kompensasi tersebut memengaruhi penghasilan pekerja di sepanjang karier mereka.

Mari kita lihat berbagai jenis kompensasi secara lebih rinci.

Definisi: Apa itu Kompensasi?

Pertama, mari kita mulai dengan definisi kompensasi. Ketika berbicara tentang kompensasi, kita biasanya mengartikan sebagai pembayaran yang diterima oleh seorang karyawan dari majikan dalam bentuk gaji, upah, tunjangan dan pembayaran variabel.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kompensasi juga dapat merujuk pada uang yang dibayarkan kepada seseorang untuk sesuatu yang hilang atau rusak, seperti “kompensasi pekerja” untuk pekerja yang dirumahkan sementara atau yang mengalami kecelakaan kerja. Itu juga bisa merujuk pada pembayaran sebagai hasil dari tuntutan hukum. Dalam pengertian yang lebih umum, kompensasi dapat berarti segala sesuatu yang bernilai yang diberikan untuk menebus kerugian, seperti pemberian makan malam untuk “mengkompensasi waktu Anda dan masalah yang harus Anda selesaikan”.

Kata kompensasi berasal dari kata kerja Latin compensare, yang berarti “menimbang”. Dalam pengertian ini, kompensasi adalah penyeimbang. Kompensasi biasanya berbentuk pembayaran uang yang ditukar dengan waktu, tenaga dan keahlian.

Berbagai jenis kompensasi meliputi:

  • Gaji
  • Upah Per Jam
  • Komisi penjualan
  • Tips
  • Kepemilikan saham
  • Bonus
  • Pendapatan Insentif
  • Pendapatan Variabel Lainnya
  • Tunjangan (kesehatan, tunjangan keluarga, hak cuti, dsb.)
  • Kompensasi non-moneter (pengakuan, makan, liburan, hadiah barang, dsb.)
  • BAGAIMANA Besaran KOMPENSASI DITENTUKAN?

    Menentukan kompensasi bukanlah tugas yang mudah; ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menghadirkan besaran yang menarik dan adil bagi calon karyawan potensial. Faktor umum yang digunakan perusahaan untuk menentukan kompensasi meliputi:

    Pengalaman yang dibutuhkan dan tingkat pendidikan pada sebuah posisi

    Jabatan dan tanggung jawab

    Gaji rata-rata pada bidang industri untuk pekerjaan serupa

    Lokasi kerja dan biaya hidup

    Ketersediaan kandidat yang memenuhi syarat

    Ukuran dan reputasi perusahaan

    bersambung

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.