Apa Pekerjaan Manajer Program?

Di artikel sebelumnya kita telah memahami apakah yang dimaksud program. Sekarang saatnya untuk memahami peran Manajer Program. 

Penjelasan termudah adalah: Manajer Program mengelola berbagai tim dari berbagai bagian dalam perusahaan demi memastikan kesuksesan produk.

Penjelasan yang lebih lengkap adalah: Selama siklus hidup program, ketika berbagai proyek yang terkait dimulai, manajer program mengawasi serta memberikan arahan dan panduan kepada manajer proyek. Manajer program mengkoordinasikan pekerjaan antar proyek tetapi tidak mengelolanya. Tanggung jawab manajemen program yang penting adalah identifikasi, rasionalisasi, pemantauan, dan kontrol keterkaitan antar proyek, menangani masalah krusial yang terjadi di antara proyek dalam program, serta memastikan kontribusi setiap proyek dan pekerjaan non-proyek ke konsolidasi manfaat program.

Di bawah ini adalah daftar tugas yang harus dilakukan oleh manajer program:

  • Merencanakan program, memastikan efisiensi maksimum dalam alokasi sumber daya di seluruh proyek.
  • Memantau kemajuan semua proyek secara keseluruhan, menyelesaikan masalah, dan menginisiasi tindakan korektif jika dibutuhkan.
  • Menentukan tata kelola program.
  • Mengelola anggaran program.
  • Memberikan bantuan berupa penunjukan individu dalam tim.
  • Memastikan hasil proyek sesuai dengan waktu, kualitas, dan anggaran.
  • Mengelola ketergantungan antar proyek.
  • Mengelola risiko program.
  • Memantau kesenjangan antar tim dan melakukan perbaikan atau penyesuaian.
  • Mengelola komunikasi antar tim.

Sebagai contoh, manajemen keterkaitan antar proyek adalah sesuatu yang harus diperhatikan oleh manajer program. Mari kita kembali menggunakan contoh kartu Nusantara seperti artikel sebelumnya.

Untuk acara launching kartu Nusantara akan diadakan siaran live di teelevisi. Persiapan pemilihan stasiun televisi, penjadwalan dan konsep acara dan sebagainya merupakan tanggung jawab tim pemasaran. Rencananya, selama acara berlangsung, calon nasabah dipersilahkan mendaftar bila ingin berkesempatan memenangkan sejumlah hadiah tabungan. Pendaftaran tersebut bisa dilakukan melalui website dan telepon. Dalam hal ini tim layanan pelanggan harus mempersiapkan berbagai fasilitas penunjang layanan telepon, begitu juga dengan website yang harus disiapkan tim web developer. Kesuksesan event launching yang disiapkan tim pemasaran terkait dengan kesiapan tim layanan pelanggan dan tim web developer. Karena penyelenggaraan live event di televisi membutuhkan waktu lama untuk dipersiapkan, Tim Pemasaran akan membutuhkan informasi tentang nomor telepon dan alamat website jauh hari sebelum event peluncuran Kartu. Dengan demikian persiapan nomor telepon kontak dan alamat website merupakan hal yang berpengaruh bagi tim Pemasaran yang harus dipantau oleh Manajer Program. Saat membentuk tim Layanan Pelanggan dan memulai proyek pembuatan  website, akan sangat bijaksana bagi Manajer Program untuk menentukan di awal agar detail ini segera disampaikan kepada tim pemasaran secepat mungkin, untuk meminimalkan risiko keterlambatan mempersiapkan event di televisi itu.

Demikian semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami peran Manajer Program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.