Keterampilan Kepemimpinan – Apa itu Kepemimpinan? (bag 3)

Artikel ini melanjutkan pembahasan kepemimpinan transformasional yang di dalamnya membahas proses Masa depan, Keterlibatan, dan Perwujudan. Sebelumnya kita telah sampai pada pembahasan bahwa agar mendorong Keterlibatan, pemimpin membutuhkan keterampilan menyampaikan visinya.

Ternyata pemimpin tidak hanya butuh keterampilan menyampaikan visi – yang dalam hal ini menggunakan teknik bercerita. Bagian penting lain dari motivasi adalah menetapkan harapan. Anda juga bisa melihat Teori Harapan dalam situs ini, tetapi untuk saat ini yang perlu diingat bahwa selain visi yang menarik, orang juga ingin tahu apa untungnya bagi dirinya.

Jika anggota tim mengharapkan hasil yang baik baginya setelah berperilaku dengan cara tertentu, maka ia biasanya akan bekerja keras untuk menunjukkan perilaku itu.

Jadi, melalui penceritaan yang dikombinasikan dengan penetapan tujuan, kita dapat memunculkan energi dan menetapkan sikap yang harus dilakukan oleh tim kita dalam rangka mencapai visi kita yang menarik.

Seseorang tidak akan mau asal mengikuti orang lain. Anda harus mendapatkan hak untuk diikuti. Ini bisa dicapai jika Anda setiap hari memberikan contoh perilaku yang Anda harapkan dari orang lain.

3. Perwujudan: Berusaha Mewujudkan Visi Masa Depan dengan Mengambil Tindakan dan Mendapatkan Hasil

Menyampaikan visi berbicara tentang bagaimana memberdayakan orang lain untuk mencapai visi melalui penetapan tujuan. Sementara, poin ini berbicara tentang bagaimana mengukur KPI, dan memantau kemajuan kita saat bergerak menuju setiap target dan menuju visi. Singkatnya, poin ini adalah tentang manajemen.

Pemimpin perlu memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan selaras dengan visi dan rencana pengelolaan. Hal ini dapat dilakukan oleh pemimpin atau dapat dilakukan oleh satu atau lebih manajer yang mendapat delegasi tanggung jawab dari pemimpin. Untuk hal ini mungkin memerlukan pembuatan struktur organisasi baru, atau menyiapkan proyek.

Target dapat ditetapkan dalam kombinasi harian, mingguan, bulanan, triwulanan, atau tahunan, sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Perubahan besar dapat memakan waktu yang sangat lama, tanpa adanya keberhasilan kecil yang bisa cepat dicapai, orang akan kehilangan kepercayaan atau menyerah sama sekali. Anda perlu menyusun transformasi yang mengandung target jangka pendek, untuk menyampaikan pesan keberhasilan secara luas saat organisasi melangkah. Target yang disusun seperti ini membuat orang tetap termotivasi, dan karena tidak ada yang menghasilkan kesuksesan besar tanpa didahului oleh kesuksesan kecil.

Metode yang dapat digunakan untuk membantu para pemimpin melacak kemajuan meraih target antara lain: KPI, Pelaporan Status, dan Memberikan Umpan Balik

Hubungan pribadi juga penting di sini. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus mengawasi orang-orang yang menghalangi atau menolak perubahan. Kemudian tindakan korektif harus diambil.

Terakhir, saat Anda bekerja untuk mewujudkan visi, Anda perlu memperhatikan gambaran organisasi jangka panjang. Ini berarti butuh persiapan bagi tim Anda untuk memberikan lebih dari yang mereka lakukan sekarang, pada tingkat kualitas yang lebih tinggi, dan melangkah lebih jauh lagi. Untuk melakukan ini, Anda perlu mempersiapkan orang lain agar bisa membantu diri mereka sendiri, yaitu dengan mengembangkan tim Anda. Ini melibatkan pembinaan anggota tim yang bertujuan meningkatkan keterampilan dan kepemimpinan.

Ketika organisasi Anda menghadapi perubahan, apapun gaya kepemimpinan Anda, silahkan mempertimbangkan sebuah teknik menyeluruh yang terdiri dari tiga langkah: Masa depan, Keterlibatan, dan Perwujudan. Ini dapat digunakan untuk membantu memahami secara luas proses kepemimpinan dan untuk membantu tetap fokus pada bidang yang tepat saat mengelola perubahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.