bag 1 Analisis SOAR

Analisis SOAR adalah alat perencanaan yang dapat digunakan untuk membuat dan menjalankan strategi organisasi Anda. Analisis ini bekerja dengan berfokus pada kekuatan organisasi dan bagaimana kekuatan tersebut digunakan untuk memanfaatkan peluang yang dimiliki organisasi.

Dalam artikel ini, kami tidak akan menggambarkan penggunaan metode ini oleh Anda sendiri; tetapi Anda akan menggunakannya sebagai bagian dari kelompok dalam sesi brainstorming.

SOAR adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Opportunities (peluang), Aspirations (aspirasi), dan Results (hasil). Kekuatan dan peluang berfokus pada pembahasan situasi organisasi saat ini, sedangkan aspirasi dan hasil berfokus pada gambaran situasi masa depan yang ingin diwujudkan oleh Anda khususnya dan organisasi pada umumnya.

Analisis SOAR adalah perangkat pembuat strategi alternatif. Analisis ini hanyalah salah satu dari keseluruhan rangkaian alat strategi yang bisa digunakan organisasi untuk membantu membuat dan menjalankan strategi. Beberapa alat yang lebih umum digunakan antara lain: Matriks Profil Kompetitif, Analisis Kompetitif, Analisis SWOT, Matriks Konfrontasi, Analisis Lima Kekuatan Porter, Matriks Ansoff, dan Matriks BCG

Analisis SOAR digambarkan sebagai matriks dua kali dua. Baris atas pada matriks ini berfokus pada masa kini, sedang pada baris bawah berfokus pada masa depan yang perusahaan Anda inginkan. Kolom kiri berfokus pada faktor internal organisasi, dan kolom kanan berfokus pada faktor eksternal organisasi.

Setelah mengamati metrix SOAR ini, mungkin akan muncul pertanyaan, mengapa hasil dikategorikan bersifat eksternal? Bukankah hasil harusnya termasuk  internal? Lagi pula, bukankah hasil tersebut dicapai sendiri oleh organisasi? Jawabannya adalah bahwa hasil dianggap sebagai faktor eksternal karena itu bukan sesuatu yang dicapai sendiri oleh perusahaan Anda. Misalnya, para pelanggan harus senang, dan mereka harus merekomendasikan orang lain untuk membeli dari perusahaan Anda.

Selanjutnya kita akan mempelajari setiap elemen dari analisis SOAR secara lebih terperinci.

1. Kekuatan

Pembahasan pada bagian ini memiliki tujuan untuk menentukan kekuatan perusahaan yang dapat dimanfaatkan dan dibangun untuk meraih peluang yang telah diputuskan untuk dikejar.

Berbagai kekuatan perusahaan ini  disusun dalam sebuah daftar, adapun ragam kekuatan yang dimaksud dapat mencakup aset, sumber daya, dan pengetahuan penting yang dipunyai perusahaan. Beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda menentukan kekuatan tersebut meliputi:

  • Apa yang membuat organisasi ini unik?
  • Apa nilai jual unik perusahaan?
  • Apa yang bisa kita lakukan (pengetahuan kita yang paling bernilai) yang lebih baik dari para pesaing?
  • Apa yang kita miliki (aset perusahaan kita yang paling berharga) yang lebih baik dari para pesaing?
  • Dari semua kekuatan organisasi kita, mana yang paling berharga di pasar?

bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.