Metode Estimasi Delphi 

Estimasi ini merupakan teknik penentuan perkiraan  yang didasarkan pada pencapaian konsensus. Metode ini pertama kali dikembangkan di RANK Corporation pada tahun 1940-an. 

Estimasi Delphi dapat dilakukan dalam bentuk rapat tatap muka maupun rapat virtual , dan melibatkan dua peran:

Koordinator: peran ini merupakan pihak yang akan menjalankan rapat. Peran ini bisa diisi oleh manajer proyek. Koordinator sangat penting dalam proses ini, karena ia harus memandu semua peserta diskusi melalui proses tanpa melewatkan perkiraan anonim. Proses tersebut harus dilakukan secara berulang.

Pakar: Ini merupakan pihak yang akan membuat estimasi. Dalam metode Delphi, lebih baik bila terdapat cukup banyak  Pakar ketika membahas sebuah peroyek daripada terlalu sedikit. Namun jumlah ini tidak terlalu mengikat.

Langkah-langkah Estimasi Delphi adalah sebagai berikut:

  1. Koordinator memberikan Formulir Spesifikasi dan Estimasinya kepada para Pakar. Formulir bagian  Spesifikasi berisi Perincian Kerja, sedangkan bagian Estimasi menyediakan isian pada Pakar untuk memberikan estimasi terhadap semua elemen pekerjaan, dan brbagai  asumsi yang dibuat.
  2. Diskusi dimulai dengan melibatkan pihak koordinator dan  semua pakar yang terlibat. Pada diskusi ini semua masalah yang berkaitan dengan pekerjaan dan estimasi dibahas.
  3. Para ahli mengisi kedua formulir secara anonim.
  4. Koordinator mengumpulkan semua formulir, menyusun hasilnya dan mendistribusikan ringkasan tersebut kepada semua pakar. 
  5. Setelah menerima hasil diskusi sesi pertama, pertemuan sesi berikutnya  yang merupakan tindak lanjut pertemuan pertama diadakan untuk membahas setiap item yang menonjol, atau item yang memiliki perbedaan estimasi yang terlalu besar. 
  6. Para ahli mengisi formulir lagi. Proses ini kemudian diulangi dari langkah ke-4 hingga semua pakar memiliki kesepakatan estimasi untuk semua item.

Keunggulan dari metode estimasi Delphi

  • Metode ini menggunakan pendekatan berulang untuk mencapai konsensus mengenai suatu  perkiraan.
  • Dengan mengisi formulir secara anonim, mereka yang memiliki kecenderungan untuk tidak bicara selama diskusi kelompok karena berbagai alasan, masih dapat menyumbangkan pendapatnya. Sedangkan di sisi lain, mereka yang cenderung aktif dalam diskusi tidak akan mendominasi hasil diskusi. 
  • Metode ini mendorong individu untuk berpikir lebih dalam.
  • Dalam proses melakukan estimasi, semua peserta menjadi semakin memahami tentang semua aspek proyek yang dibicarakan.
  • Estimasi Delphi sangat menarik bila orrganisasi Anda memiliki sejumlah pakar dengan  variasi tingkat keahlian, dari pemagang hingga tingkat lanjut. Pemagang baru tidak hanya belajar, tetapi mereka sering kali menambahkan pekerjaan yang diabaikan oleh rekan mereka yang lebih senior.

Kekurangan dari Wideband Delphi

  • Koordinator yang memberi spesifikasi pekerjaan terlalu umum  akan membuat proses diskusi terlalu panjang.
  • Bagaimana jika para pakar yang terlibat gagal mencapai konsensus atau menolak untuk mencapai konsensus?
  • Para Pakar mungkin saja mengalami bias secara subjektif, misalnya, jika mereka semua ingin mencapai tujuan yang sama, atau jika mereka berasal dari unit bisnis yang sama, dan sejenisnya. Hal ini dapat mengakibatkan adanya sikap terlalu meremehkan atau  kehilangan beberapa poin penting dalam sebuah proyek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.