Mengenal 15 Jenis Soft Skill Profesional (9)

Keterampilan profesional sering kali disebut sebagai soft skills, yaitu keterampilan yang bisa dimanfaatkan dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Dalam serangkaian tulisan ini, kami mendefinisikan apa itu keterampilan profesional, membahas beberapa jenis keterampilan lunak, dan menawarkan saran bagaimana cara mengembangkan keterampilan profesional Anda.

Keterbukaan untuk belajar (kemauan belajar)

Seorang profesional yang senantiasa bersedia mempelajari informasi atau keterampilan yang baru akan menerima lebih banyak perhatian dari supervisornya atau manajernya. Hampir di semua jenis pekerjaan, bidang industri, atau perusahaan akan mengalami perubahan seiring waktu. Dengan latar belakang kondisi itu, pemberi kerja akan menghargai kandidat yang mau belajar konsep, kemampuan, atau proses baru.

Kualitas yang mendukung kemauan belajar diantaranya: Mau menerima kritik yang membangun, Antusias, Terbuka dengan pertumbuhan pribadi, Prakarsa, Mau mengembangkan keterampilan baru, Memiliki motivasi diri, dan Senantiasa mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang industrinya.

Bersedia untuk belajar adalah hal yang penting bagi semua orang. Tetapi bagi pengusaha, manajer, dan pemimpin kemauan belajar adalah suatu keharusan! Apakah Anda mempunyai semangat dan keinginan untuk belajar? Apakah Anda seseorang yang selalu ingin tahu? Bagaimana meningkatkan kemauan Anda untuk senantiasa mau mempelajari informasi atau keterampilan baru? Mari kita lihat beberapa tips dari kami yang akan membantu Anda meningkatkan kemauan mempelajari berbagai hal:

  • Selalu ingat bahwa keinginan mempelajari berbagai hal adalah jalan untuk mewujudkan impian Anda. Ulangi sendiri kemunculan ingatan tersebut setiap hari. Jika Anda ingin sukses, Anda harus terus-menerus up to date.
  • Bertemu dengan orang-orang yang mampu memberikan inspirasi. Mengelilingi diri sendiri dengan orang-orang yang berpendidikan tinggi dan cerdas serta dapat belajar dari mereka merupakan hal yang berharga. Siapapun dari kita pasti mengenal seseorang yang memiliki kesuksesan dalam berkarir yang didorong oleh keinginan belajar. Anda bisa memulainya dari orang tersebut.
  • Terbuka untuk menerima saran. Mendapatkan saran dari seseorang tidak berarti Anda lebih bodoh dari seseorang tersebut. Tetapi dalam konteks ini, akan lebih baik bila Anda selalu merasa bodoh. Cari dan mintalah pendapat dari orang lain yang Anda nilai lebih berkompeten di bidang yang ingin Anda kembangkan. Dengarkan baik-baik pendapat mereka. Cobalah Anda melihat sesuatu dari sudut pandang mereka sebagai alternatif.
  • Baca cerita pengalaman orang-orang yang telah sukses. Anda bisa belajar banyak dari bagaimana mereka belajar hingga mencapai keberhasilan. Sangat memotivasi ketika belajar tentang seseorang yang terlahir dari latar belakang penuh kekurangan tetapi masih terus mencoba hingga mencapai keajaiban.
  • Jangan takut gagal. Belajarlah dari kegagalan. Ada banyak orang yang telah bersusah payah belajar, lalu menemui kegagalan, lalu takut mengalami kegagalan lagi dan akhirnya berhenti belajar. Ini sebuah kesalahan. Siapapun kita akan menemui keberhasilannya, cepat atau lambat. Gunakan kegagalan sebagai cara untuk mempelajari lebih banyak hal yang baru.
  • Cari tahu apa kelemahan dan kekurangan Anda di bidang yang ingin Anda kembangkan. Ketika Anda sudah mengetahui apa saja kekurangan tersebut, dorong keinginan untuk mengisinya! Catat semua kelemahan Anda dan pikirkan cara mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.