Komunikasi yang Otentik sebagai Keunggulan Kompetitif

Sebuah tujuan umum bagi semuua perusahaan adalah menuju kesuksesan. Kesuksesan serta bagaimana mempertahankannya, sudah banyak diteliti, ditulis, dan dikembangkan dari berbagai sudut pandang.

Banyak ahli telah berbagi teori dan membangun model yang khusus dirancang untuk menentukan langkah-langkah untuk mencapai hasil bisnis yang optimal. 

Meskipun ada banyak sekali langkah menuju kesuksesan, langkah yang paling mendasar justru malah sering kali diabaikan, yaitu komunikasi yang efektif.

Komunikasi yang otentik adalah keterampilan yang berlaku di semua industri atau profesi. Itulah salah satu softskill yang dapat membantu organisasi melalui kenaikan dan penurunan ekonomi, bahkan selama pandemi global. 

Bagaimana perusahaan mencapai hasil bisnis selama masa-masa paling sulit ditentukan oleh individu di dalamnya yang dapat memimpin, memotivasi dan menginspirasi orang lain untuk melakukan tindakan tertentu. Dalam konteks perusahaan, tidak ada hal yang lebih baik dan efisien dibandingkan dengan peningkatan hasil yang dicapai melalui komunikasi lisan kita.

Komunikasi yang Otentik sebagai Pendongkrak Hasil Bisnis

Seni memotivasi dan menginspirasi orang lain untuk bertindak secara umum termasuk dalam satu hal, yaitu seni mengelola hubungan antar manusia. 

Komunikasi mempengaruhi mereka yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan bisnis, dan memengaruhi hubungan kita dengan pelanggan berharga yang kita andalkan untuk memajukan bisnis. Hubungan yang mendalam adalah tujuan penting dari sebuah interaksi antar personal, sedangkan itu hanya bisa dicapai ketika kita berkomunikasi dengan cara yang otentik dan dianggap dapat dipercaya.

Terutama selama masa krisis, penuh ketidakpastian, dan bermacam pergolakan lainnya, para pemimpin bisnis dari semua lapisan dihadapkan pada sebuah pilihan. Mereka dapat memilih untuk menyimpan informasi penting atau kritis karena takut akan hal yang belum diketahui konsekuensinya, atau mereka dapat memanfaatkan momen tersebut sebagai kesempatan untuk membangun kepercayaan melalui empati, kerendahan hati, dan ketulusan.

Komunikasi yang Otentik di Dunia Maya

Mencapai hasil komunikasi yang sama dengan media yang tidak biasa, yaitu saat hampir semua komunikasi langsung tiba-tiba dihilangkan karena permasalahan pandemi global, merupakan tugas yang tidak mudah. Mereka yang bertanggung jawab untuk memimpin pencapaian tujuan bisnis dan organisasi, banyak yang tidak memiliki keterampilan dasar menghadapi perubahan yang sangat mendadak. Mereka diminta untuk menjalin kualitas komunikasiyang sama dalam moda komunikasi virtual.

Terlepas dari pesatnya peningkatan teknologi komunikasi, mencapai keberhasilan komunikasi yang otentik melalui laptop  atau ponsel memerlukan serangkaian keterampilan dan kemampuan yang sama sekali berbeda. Komunikasi melalui dunia maya sangat menantang karena adanya kesan bahwa sebenarnya kita berbicara dengan alat, bukannya manusia secara langsung.

Merupakan kewajiban setiap pimpinan organisasi untuk fokus menyediakan pelatihan yang sesuai bagi tim agar membantu mereka mengatasi permasalahan komunikasi.

Terlepas dari media yang digunakan atau peristiwa besar yang melatarbelakangi suatu masa, kita masing-masing memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan jujur dan otentik. Hasil setelah kita melakukannya adalah kesuksesan yang kita semua perjuangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.