Kepemimpinan dan Ketidakpastian (bag 2)

Kepemimpinan di masa perubahan memang hal yang sulit. Tidak selalu mungkin bagi seorang pemimpin untuk memberikan kejelasan mutlak, namun dalam situasi ketidakpastian kepemimpinan sangat dibutuhkan. Pada bagian sebelumnya sudah kami jelaskan, tindakan pertama sebagai pemimpin bahwa Anda perlu mengakui adanya masalah tapi masih tetap bersikap positif. Berikut adalah beberapa tindakan selainnya.

2. Berikan Kepastian sejauh yang Anda bisa

Anda mungkin tidak dapat memberikan kejelasan tentang arah yang akan dipilih, tetapi yang dapat Anda lakukan adalah menjelaskan tentang proses yang sedang dijalani. Beri tahu tim kapan keputusan penting akan dibuat dan kapan keputusan ini akan dikomunikasikan, dan kepada siapa. Ini setidaknya bisa memberi kejelasan proses.

Jika Anda tahu seperti apa perubahan strategis yang akan terjadi, tetapi tidak dapat menginformasikan kepada tim karena alasan tertentu, mungkin karena komunikasinya perlu dikoordinasikan dan diselaraskan di seluruh perusahaan pada saat yang sama, atau investor perlu diinformasikan terlebih dahulu, terbukalah dengan tim dan beri tahu mereka sebisa mungkin. Tujuan dari langkah ini adalah untuk memberikan kejelasan sebanyak mungkin demi meyakinkan tim. Dengan mengatakan bahwa keputusan telah dibuat dan bahwa sementara Anda tidak dapat membagikan informasi tersebut, Anda perlu menyampaikan bahwa itu akan lebih baik untuk semua pihak. Ini saja akan membantu mengurangi beberapa ketakutan tim.

3. Rencana Skenario

Di perusahaan besar, periode ketidakpastian menyebabkan spekulasi dan gosip merajalela, jadi mengapa tidak memanfaatkannya untuk tujuan produktif dengan melakukan beberapa perencanaan skenario. Ini bisa memperbaiki rencana Anda saat ini agar lebih siap dengan berbagai kemungkinan, juga memungkinkan tim untuk melihat bahwa bisa jadi dunia yang berubah adalah hal yang positif.

4. Jangkau Luar Organisasi

Jika semua orang tahu bahwa perubahan akan datang, maka pemasok dan pelanggan kemungkinan besar juga tahu tentang perubahan tersebut. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjangkau keduanya. Sekali lagi, Anda mungkin tidak dapat memberikan banyak kejelasan tentang perubahan apa yang akan terjadi, tetapi Anda pasti dapat mengklarifikasi proses yang sedang dilakukan dan pencapaiannya. Yakinkan keduanya bahwa mereka adalah pelanggan atau pemasok yang berharga. Temui orang-orang penting eksternal tersebut secara langsung jika memungkinkan, mungkin saat makan siang, hanya untuk menjaga hubungan tetap kuat dan mengingatkan mereka bahwa Anda memperhatikan mereka di masa sulit ini.

Sebagai seorang pemimpin, akan ada saat-saat ketika perubahan strategis akan datang tetapi Anda tidak dapat membagikannya atau memang tidak tahu apa yang akan terjadi. Namun, justru dalam situasi seperti inilah kepemimpinan Anda semakin dibutuhkan. Empat poin tindakan di atas dapat Anda ambil sebagai pemimpin di saat-saat yang tidak pasti, untuk menjaga segala sesuatunya tetap berjalan dan memberikan kejelasan sebanyak mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.