Membangun Jaringan Profesional bagi Pemimpin

Dalam organisasi, apalagi yang berukuran besar,, siapa yang Anda ketahui sama pentingnya dengan apa yang Anda ketahui. Terdapat suatu jaringan kekuatan formal dan informal yang bekerja di dalam sebuah organisasi, dan itu penting untuk dimanfaatkan jika Anda ingin menyelesaikan sesuatu.

Agar memiliki jaringan yang efektif, Anda perlu menyertakan berbagai jenis peran yang berbeda dalam jaringan Anda. Dalam buku”How to Lead,” oleh Jo Owen diperkenalkan istilah GRANTS: Gate keeper, Resource, Authority, Network hub, Technical influencer, Sponsor.

Mari kita kaji jenis-jenis peran ini satu demi satu.

Gate keeper

Secara istilah, ini bisa kita ganti dengan juru kunci atau penjaga pintu. Contoh yang paling mudah adalah sekretaris atau asisten pribadi. Orang-orang ini dapat membantu Anda mendapatkan akses ke eksekutif puncak, karena biasanya kita akan kesulitan jika tidak melalui mereka. Penting untuk menyediakan waktu membangun hubungan dengan penjaga pintu ini – selalu perlakukan mereka dengan hormat dan jangan pernah memperlakukan mereka hanya sebagai batu loncatan dalam perjalanan Anda menuju kekuasaan.

Resource

Sumber daya – ini adalah sumber daya yang bekerja untuk Anda yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan sesuatu. Namun, pada kenyataannya, Anda mungkin membutuhkan lebih dari sekadar sumber daya Anda sendiri agar bisa berhasil menyelesaikan sesuatu. Agar efektif, Anda juga perlu memanfaatkan sumber daya di seluruh organisasi. Ini bisa dilakukan dengan membangun pengaruh dan membuat pertemanan dengan sumber daya lain di luar otoritas yang langsung Anda miliki dari waktu ke waktu.

Authority

Pemberi wewenang – ini mengacu pada pimpinan langsung Anda. Dalam situs ini Anda bisa menemukan beberapa artikel yang membahas tentang bagaimana mengelola hubungan dengan atasan. Penting juga untuk diingat bahwa loyalitas adalah atribut yang paling berharga sehubungan dengan relasi Anda dengan atasan, yang mengikuti (atau bahkan saling terkait) dengan kinerja.

Network hub

Pusat jaringan selalu ada dalam banyak aspek kehidupan dan bisnis, tentu saja. Seperti bandara utama yang jadi pertemuan berbagai rute penerbangan dan tempat berkumpulnya sebagian besar penumpang. Warung kopi yang jadi tempat berkumpulnya komunitas atau masyarakat setempat. Demikian pula dalam organisasi bisnis. Contoh bagus dari pusat jaringan yang mudah dijangkau adalah personal trainer yang dimiliki oleh beberapa eksekutif puncak. Mereka memiliki sedikit pengaruh atau kekuatan formal yang mungkin bisa diberdayakan.

Technical Influencer

Sosok di bidang teknis yang bisa memberi pengaruh adalah orang-orang yang tidak memiliki otoritas formal pada berbagai hal tetapi dalam kondisi tertentu memiliki kekuatan veto. Contoh klasik individu ini adalah manajer keuangan dan pengampu perangkat lunak penting organisasi. Penting untuk merangkul mereka agar bisa membantu kesuksesan Anda. Libatkan mereka lebih awal dalam berbagai inisiatif yang Anda rencanakan dan pastikan aspek kepentingan mereka terpenuhi.

Sponsor

Sponsor adalah orang-orang yang setidaknya satu tingkat di atas bos Anda. Mereka dapat bertindak sebagai pelatih dan mentor. Agar sukses menemukan mentor, Anda harus menawarkan jasa Anda kepada mereka, buat diri Anda berguna untuk proyek khusus dan pekerjaan sampingan. Secara informal, mereka akan mendukung kepentingan Anda. Sponsor bisa menciptakan rasa urgensi saat Anda memulai proyek atau program baru.

Apa yang kita ketahui memang menentukan langkah karir kita, namun siapa yang kita ketahui juga bisa menentukan langkah tersebut. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.