Analisis “Force Field” (2)

Analisis ini digunakan untuk menentukan kelanjutan proses perubahan di organisasi. Terdapat beberapa langkah dalam pelaksanaannya. Langkah-langkah itu telah di bahas di bagian sebelumnya, dan ini adalah kelanjutannya.

Cara Menggunakan (lanjutan)

Langkah 4: Tetapkan Skor

Selanjutnya, berilah skor di setiap kekuatan, dari, katakanlah, satu (lemah) hingga lima (kuat), sesuai dengan tingkat pengaruh masing-masing terhadap rencana, dan kemudian jumlahkan skor di setiap sisi (pendukung dan penghambat).

Untuk representasi visual dari pengaruh yang dimiliki setiap gaya, gambarkan dengan panah. Gunakan panah yang lebih besar untuk gaya yang akan memiliki pengaruh lebih besar pada perubahan, dan panah yang lebih kecil untuk gaya yang akan memiliki pengaruh lebih lemah.

Langkah 5: Analisis dan Terapkan

Sekarang setelah Anda melakukan Analisis Medan Gaya, Anda dapat menggunakannya dengan dua cara:

Cara pertama, digunakan untuk memutuskan apakah akan terus bergerak maju melaksanakan keputusan atau perubahan.

Cara kedua, digunakan untuk memikirkan variabel pendukung mana yang bisa diperkuat dan pihak penentang atau kekuatan penghambat mana yang dapat dilemahkan, serta bagaimana membuat perubahan agar lebih sukses.

Jika Anda harus mengimplementasikannya dalam contoh proyek di atas, hasil analisis mungkin menyarankan sejumlah perubahan yang dapat Anda lakukan pada rencana awal. Misalnya, Anda dapat:

  • Melatih staf demi meminimalkan ketakutan mereka terhadap perubahan teknologi. Menambah skor pnghambat karena muncul biaya pelatihan. Menambah skor pendukung karena mengurangi ketakutan terhadap teknologi baru.
  • Tunjukkan kepada staf bahwa perubahan diperlukan untuk kelangsungan bisnis. Menambah skor pendukung..
  • Tunjukkan kepada staf bahwa mesin baru akan menambah variasi dan minat pada pekerjaan mereka. Menambah skor pendukung.
  • Naikkan upah lembur untuk mencerminkan produktivitas baru. Menambah skor pnghambat karena muncul biaya upah lembur. Menambah skor pendukung karena menaikkan efektifitas produksi dan penambahan jam produksi.
  • Menggunakan mesin yang agak berbeda dengan penambahan filter yang menghilangkan polusi. Menambah skor pendukung karena meningkatkan kenyamanan kerja dan mengurangi dampak lingkungan.

Bila dicermati, beberapa perubahan ini memperbesar skor yang mendukung perubahan, walaupun ada sejumlah kecil penambahan skor yang menghambat perubahan. Namun secara keseluruhan, ini menambah skor pendukung perubahan.

Ketika menggunakan analisis ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Beberapa faktor, di mana Anda membutuhkan kepastian mutlak untuk membuat keputusan yang baik, tidak cocok bila menggunakan pendekatan ini. Pertimbangan yang memengaruhi kesehatan dan keselamatan seseorang, misalnya, tidak sesuai bila menggunakan Analisis ini. Pastikan untuk menangani ini dengan tepat, apa pun hasil analisis Anda.

Ingatlah bahwa, meskipun Analisis Medan Gaya membantu Anda memahami dampak berbagai faktor pada keputusan atau perubahan, hal itu bisa bersifat subjektif. Jika Anda membuat keputusan penting, menggunakan analisis ini bersama alat pengambilan keputusan lainnya akan membantu memperkuat kualitas keputusan Anda.

Jangan menganggap terlalu sederhana alat Analisis Medan Gaya. Artikel ini memang hanya menggunakan contoh sederhana, tetapi akan ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan bila hendak mempertimbangkan keputusan dan perubahan yang kompleks.

Penutup

Force Field Analysis, Analisis Medan Gaya, membantu Anda memikirkan gaya yang mendukung dan menghambat keputusan atau perubahan. Metode ini dikembangkan oleh Kurt Lewin. ketika menggunakan Analisis Medan Gaya, gambarkan rencana atau proposal Anda di tengah selembar kertas atau papan tulis. Kemudian buat daftar semua faktor gaya yang mendorong perubahan di sisi kiri, dan semua faktor gaya yang menghambat perubahan di sisi kanan. Skor setiap faktor, dan jumlahkan skor untuk setiap sisi. Anda kemudian dapat memutuskan apakah akan melanjutkan perubahan atau tidak. Atau, Anda dapat menggunakan analisis ini untuk memikirkan bagaimana Anda dapat memperkuat kekuatan yang mendukung perubahan dan melemahkan kekuatan yang menentangnya, sehingga perubahan itu lebih berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.